SELASA, 14 MEI 2019 – Renungan Malam

10 Kali dibaca, Diterbitkan: 14 May 2019        


 

MINGGU III SESUDAH PASKAH

KJ.324:1,4 – Berdoa

BERKAT BAGI ORANG BERHIKMAT

1 Raja-Raja 10 : 1 – 10
“Terpujilah Tuhan, Allahmu, yang telah berkenan kepadamu sedemikian…..” (ay-9)

Mungkin kita masih ingat bagaimana Salomo dipersiapkan untuk menjadi raja, menggantikan Daud, ayahnya. Tuhan mempercayakannya membangun Bait Allah Yerusalem. Ketika ia diperkenankan meminta sesuatu dari Tuhan, ia hanya meminta hikmat Tuhan, hati yang faham menimbang perkara untuk menghakimi umat, hati yang dapat membedakan mana yang baik dan mana yang jahat (2Taw. 1-9), 1Rj.3:9). Kepemimpinan baru yang dilandaskan pada hikmat Tuhan mampu mengundang banyak orang datang untuk belajar atau sekadar ingin tahu. Tidak terkecuali, kemasyhuran Salomo juga menghantar seorang ratu Syeba yang datang dari negerinya dengan membawa sekian banyak barang untuk dipersembahkan kepada Salomo. Ratu Syeba agaknya seorang pemimpin negara perdagangan yang terkenal di sebelah barat daya Arabia. Sementara Salomo telah membawa Israel menguasai semua jalur lalu lintas darat dan laut. Syeba ingin menjalin kerja sama dalam bidang perdagangan. Salomo menguasai alur lalu lintas, sedangkan Syeba memiliki komoditi perdagangan untuk ditawar ke berbagai wilayah melalui jalur laut dan darat.

Ketika diperkenankan Tuhan, Salomo tidak meminta kekayaan dan umur panjang yang dicari oleh banyak orang, tetapi hikmat. Ia menyadari dirinya masih sangat muda, belum berpengalaman memimpin bangsa yang besar, itu yang ia katakan kepada Tuhan (bd.1Rj.3:9). Pernyataan Salomo ini menunjukkan suatu kerendahan hati. Kini mulai terbukti bahwa dengan hikmat yang diberikan Tuhan kepadanya, apa yang tidak dia minta kepada Tuhan, namun dicari oleh bangsa-bangsa. Ratu Syeba mengakui kekuatan hikmat Salomo, ia datang dan menyaksikan sendiri hikmat yang membesarkan Salomo, serta mengakui kebesaran Tuhan sumber hikmat (ay.9)

Mengawali hari ini, marilah kita memohon hikmat dari Tuhan, sehingga seluruh karya layan kita hari ini menjadi hormat dan kemuliaan bagi Tuhan.

KJ.405 : 1,2
Doa : (Tuhan, berilah kami hikmat-Mu agar kami mampu memuliakan nama-Mu dalam seluruh hidup kami hari ini)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *