SELASA, 2 JULI 2019 – Renungan Malam

64 Kali dibaca, Diterbitkan: 2 July 2019        


 

MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA

KJ.344 : 1 – Berdoa

TUHAN MENOLONG SECARA AJAIB

Kisah Para Rasul 5:26-42
“Kita harus lebih taat kepada Allah dari pada kepada manusia” (ay.29)

Seorang pengkhotbah pernah berkata: “jika orang yang membencimu menutup pintu dan jendela berkatmu, maka Tuhan sanggup menjebol atap untuk mencurahkan berkat bagimu. “Tuhan punya 1001 cara untuk mendatangkan kebaikan bagi anak-anak-Nya. Salah satunya adalah dengan cara menempatkan orang yang tepat, pada waktu yang tepat dan di tempat yang tepat (raja Koresy memulangkan umat Israel, Nehemia di istana raja Ahasyweros, Yusuf di Mesir). Cara ini pula yang Tuhan lakukan dalam pelayanan para rasul pada bacaan kita malam hari ini.

Saat para rasul diperhadapkan ke Mahkamah Agama untuk di interogasi, mereka tetap memberitakan dan memilih taat kepada Yesus daripada kepada manusia. Hal inilah yang membuat para imam semakin berang dan ingin membunuh Petrus dan rasul yang lain. Ditengah intimidasi ini, Allah menempatkan Gamaliel, seorang ahli Taurat yang sangat dihormati banyak orang. Ia mengajak tua-tua Yahudi untuk tidak terlalu merisaukan apa yang dilakukan oleh para rasul itu. Menurut Gamaliel waktulah yang akan memurnikan segalanya. Jika apa yang dilakukan para rasul itu berasal dari manusia, maka akan segera lenyap dengan sendirinya, seperti apa yang dilakukan oleh Teudas dan Yudas (orang Galilea). Sebaliknya, jika ternyata itu pekerjaan Allah, maka manusia tidak akan bisa melenyapkannya, jangan sampai berbalik bahwa ternyata para imamlah yang melawan Allah.

Ditengah pergumulan yang mungkin menyisakan kerisauan hati malam ini, firman-Nya meneguhkan bahwa Allah sungguh mengasihi anak-anak-Nya yang setia dan mengandalkan Dia. Kalau para rasul diperhadapkan pada tantangan dipenjara, diinterogasi, bahkan diancam hendak dibunuh, Tuhan mengutus Gamaliel, salah seorang dari anggota Mahkamah Agama sendiri sebagai solusi. Tidak ada alasan untuk kita meragukan pemeliharaan serta pertolongan-Nya. Bahkan disaat tersulit dalam kehidupan kita sekalipun, tetap nantikanlah pertolongan-Nya, sebab penyertaan-Nya sempurna.

KJ.344: 2
Doa: (Tuhan Yesus, ajari aku mengenal-Mu lebih lagi, bimbing aku untuk selalu meyakini bahwa pertolongan-Mu nyata bagiku)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *