SELASA, 2 OKTOBER 2018 – Renungan Malam

22 Kali dibaca, Diterbitkan: 2 October 2018        


 

KJ.436:1,2 – Berdoa

MENYELAMATKAN SESAMA DARI PERBUATAN JAHAT

1 Samuel 19:8-13 .
Mikhal, istri Daud, memberitahukan kepadanya demikian: “Jika engkau tidak dapat meluputkan dirimu malam ini”, Lalu Mikhal menurunkan Daud dari jendela, … (ay.11b-12).

Bacaan kita malam ini menceritakan upaya Saul untuk membunuh Daud, dan bagaimana istri Daud anak Saul yaitu Mikhal menyelamatkan Daud dari pembunuhan tersebut. Diceritakan bahwa pada malam itu, Raja Saul mengutus orang-orang suruhan kerumah Daud untuk mengamat-amatinya agar ia tidak lari dan Saul dapat membunuhnya pada waktu pagi. Mungkin Daud berpikir bahwa usaha Saul menancapkannya ke dinding dengan tombaknya hanya suara hati yang dikuasai emosi sesaat dan bukanlah hal yang serius dan terus berlanjut. Namun Mikhal sang istri yang juga anak Raja Saul sangat mengerti bahwa apa yang dialami oleh Daud sangat membahayakan keselamatannya, oleh karena itu, Mikhal menolong suaminya dengan menurunkan dia dari jendela, sehingga Daud dapat lolos dan luput dari upaya pembunuhan Raja Saul.

Sikap Mikhal yang berani mengambil keputusan yang berani patut kita puji, karena ia mengambil risiko yang besar ketika memutuskan untuk menyelamatkan Daud sang suami. Sebab ia berhadapan dengan ayahnya sendiri yang adalah seorang raja dengan segala kekuasaannya. Tindakan Mikhal ini sangat membahayakan dirinya sendiri, namun dilakukannya agar suaminya selamat. Mengakhiri hari ini, kita diajak untuk menghayati pentingnya hidup itu. Betapa berharganya nyawa seorang manusia. Karena itu harus dijaga dan dipertahankan dari upaya jahat manusia untuk merampas kehidupan manusia lainnya. Banyak peristiwa kejahatan yang tujuannya merampas nyawa manusia dengan membunuh sesamanya. Sebagai orang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus, sudah kewajiban kita untuk mencegah hal itu terjadi bila kita mengetahuinya. Dan ketika kita berupaya mencegah tindakan kejahatan tersebut, kita juga harus siap dengan segala risikonya. Oleh karena itu, upaya mencegah tindakan kejahatan merupakan tindakan yang berani.

Mari saudara-saudaraku kita memiliki tekad untuk menghargai hidup dan nyawa manusia dengan bertindak dengan berani dan sungguh-sungguh mencegah segala macam bentuk kejahatan yang hendak merampas hidup manusia.

KJ.436 :2
Doa : (Ya Tuhan, Tolong kami untuk berjuang bersama Tuhan, agar kami kuat dalam menghadapi setiap pergumulan dan persoalan hidup)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *