Selasa, 22 Mei 2018 – Renungan Pagi

103 Kali dibaca, Diterbitkan: 22 May 2018        


Selasa, 22 Mei 2018
Renungan Pagi

KJ 38:1 – Berdoa

STRATEGI NEHEMIA

Nehemia 2 : 11 -20
“….. Sesudah tiga hari aku di sana, bangunlah aku pada malam hari Aku tidak beritahukan kepada siapapun rencana yang akan kulakukan untuk Yerusalem….” (ayat 11,12)

Strategi yang baik sangat dibutuhkan membuat sebuah perencanaan dapat terlaksana dengan baik, sehingga apa yang kita rencanakan berhasil. Nehemia dalam mewujudkan rencana besarnya untuk membangun kembali Yerusalem, ia lakukan dengan begitu tenang. Ketika raja sudah mengijinkannya untuk kembali ke Yerusalem bahkan dibekali dengan surat-surat ijin yang mendukung, sesampainya di Yerusalem ia tidak gegabah untuk _langsung bertindak. Ada beberapa hal yang dilakukan Nehemia:

  1. Mempelajari kondisi Yerusalem sebagai usaha untuk mengumpulkan data yang akurat dari permasalahan yang terjadi di Yerusalem;
  2. Mempelajari kondisi mental bangsa Yehuda dan
  3. Menyusun Strategi.

Setelah mempelajari kondisi yang ada, Nehemia membuat strategi yang akan dilakukan, agar ia bisa memiliki strategi yang tepat. Nehemia memulai strateginya dengan mengajak bangsanya menyadari kenyataan kondisi yang terjadi di tempat mereka tinggal, tetapi setelah itu ia memberikan semangat kepada bangsanya untuk tidak menyerah, melainkan selanjutnya harus mulai bertindak melakukan sesuatu. Yang hebat disini, strateginya diakhiri dengan memberikan kesaksian kepada bangsanya tentang kebaikan Allah yang setia menolongnya karena ia setia mengandalkan Allah (ayat 17 – 18). Kebaikan Allah inilah yang diyakini Nehemia akan membawa mereka juga berhasil untuk membangun Yerusalem kembali nantinya (ayat 20).

Pagi ini Nehemia memberikan kita semangat baru untuk mewujudkan rencana yang kita miliki dengan membuat strategi yang tepat yaitu sadari dan terima masalah yang sedang terjadi, bangkitkan semangat, tetapkan tindakan yang akan dilakukan dan jalankan strategl yang ada dengan selalu mengandalkan Allah karena hanya Allah yang akan membuat rencana kita berhasil.

KJ 38:5
Doa: (Ya Allah, ajar kami untuk selalu melibatkan Engkau disetiap perencanaan yang kami buat sehingga kami selalu memiliki strategi yang tepat).


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *