Selasa 27 Oktober 2020 – Renungan Pagi

12 Kali dibaca, Diterbitkan: 27 October 2020        


MINGGU XXI SES. PENTAKOSTA

KJ. 376 : 1,2 – Berdoa

Ibrani 11 : 29 – 34

Kerjakan Iman Kita

Penulis surat ini menceritakan pengalaman iman dari tokoh-tokoh Alkitab dalam rangka meneguhkan iman. Satu demi satu nama tokoh dan pengalamannya disebut secara singkat. Iman memang butuh dikuatkan, karena hidup orang beriman tidak bebas dari hambatan, penderitaan, ketakutan, dan kelemahan. Semua itu dapat menyurutkan iman. Bila kita cermati peristiwa-peristiwa keimanan para tokoh, salah satu hal yang mendasar dinyatakan, bahwa iman adalah sesuatu yang dikerjakan menurut ketaatan dan keyakinan akan kuasa serta kebaikan TUHAN. Dengan kata lain, iman menuntut keaktifan dan mensyaratkan inisiatif dari kita selaku orang percaya.

Kita harus mengerjakan apa yang diyakini, dan yakin dengan apa yang di kerjakan. Musa mengangkat tongkatnya dengan yakin dan taat. Orang-orang Israel patuh pada perintah, maka mereka mengelilingi tembok-tembok Yeriko selama tujuh hari. Rahab berinisiatif menyambut serta membantu pengintai-pengintai Israel karena percaya. Tuhan mengerjakan keselamatan, keajaiban, pembebasan atas hidup seseorang dalam dan melalui perbuatan-perbuatan serta inisiatif-inisiatif dari orang tersebut. Karena itu firman memerintahkan tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar” (Flp 2:12).

Jadi iman bukan semata-mata kata benda tetapi ada karsa dan karya aktif di dalamnya. Iman membutuhkan daya juang dan kerja nyata yang dilaksanakan dalam kepatuhan, pujian hormat, keterbukaan hati untuk menerima secara total, bahwa kehendak juga rencana TUHAN yang harus terwujud. Apa yang kita kerjakan hanya partisipasi dalam pekerjaan Tuhan untuk mewujudkan rencana-Nya. Karena pada akhirnya, suka ataupun tidak kita paham atau belum, rencana Tuhan yang akan terwujud. TUHAN tahu yang terbaik bagi anak-anak-Nya.

KJ. 376 : 3, 4
Doa : (Tuhan Yesus, dengan patuh juga taat, aku kerjakan imanku, dan biarlah kehendak-Mu saja yang terjadi dalam kehidupanku)

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *