SELASA, 5 MARET 2019 – Renungan Pagi

14 Kali dibaca, Diterbitkan: 5 March 2019        


 

MINGGU VIII SESUDAH EPIFANIA
KJ 450:1 – Berdoa
PERJUMPAAN YITRO DAN MUSA

Keluaran 18:1-11
Lalu kata Yitro: “Terpujilah TUHAN, yang telah menyelamatkan kamu dari tangan orang Mesir dan dari tangan Firaun. (ay.10).

Setelah Yitro, imam Midian, mertua Musa, mendengar segala sesuatu yang dilakukan oleh Tuhan kepada Musa dan kepada umat Israel, lalu ia datang menjumpai Musa di padang gurun. Musa menyambut Yitro, mertuanya itu. Musa sujud kepadanya, dan menciumnya, lalu menerimanya masuk dalam kemah. Musa menceritakan kepada mertuanya segala sesuatu yang diperbuat Tuhan kepada orang Mesir demi umat Israel, segala kesusahan yang mereka alami dan bagaimana Tuhan menolong mereka (ay. 8). Mendengar kisah Musa tentang segala kebaikan Tuhan atas umat Israel, maka Yitro bersukacita, memuji Tuhan, dan mengaku bahwa Tuhan lebih besar dari segala allah” (ay. 9-10).

Musa adalah manusia yang luar biasa. Ia dapat meyakinkan umat Israel yang tertindas di Mesir untuk keluar menuju tanah Kanaan. Ia dapat melakukan berbagai mujizat di Mesir dan dalam perjalanan di padang gurun. Ia memimpin umat Israel, suatu bangsa yang tegar tengkuk. Sekalipun Musa adalah manusia bak ‘superman‘, tetapi dalam kesaksian nya kepada Yitro, mertuanya, sama sekali tidak ada kesan bahwa ia meninggikan dirinya, menonjolkan pengorbanan dan prestasinya yang luar biasa itu. Ia bersaksi bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah berkat pertolongan tangan Tuhan semata-mata. Lalu, bagaimanakah dengan kita?

Menarik untuk merenungkan reaksi Yitro, mertua Musa, imam Midian itu. Ia memuji Tuhan dan mengaku bahwa Tuhan lebih besar dari segala allah, karena ia telah menyelamatkan umat Israel dari tangan orang Mesir dan Firaun. Ingat, Yitro bukanlah orang Israel, ia orang Midian dan imam (ulama). Biasanya manusia lebih mudah percaya karena bukti, bukan kata-kata. Jika gereja ingin agar orang lain memuji Tuhan, maka gereja hendaknya semakin jadi berkat bagi lingkungannya.

KJ. 450:3
Doa : (Kami memuji-Mu, ya Tuhan, karena Engkau Allah yang malebihi allah lain)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *