SENIN, 23 JULI 2018 – Renungan Malam

30 Kali dibaca, Diterbitkan: 23 July 2018        


 

SENIN, 23 JULI 2018
Renungan Malam

KJ.362 : 1 – Berdoa

AKU MILIKMU

Galatia 5:16-26
Barang siapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya (ay.24)

“Iman seseorang menunjukan siapa orang itu”. Sebuah pernyataan yang dapat menunjukan identitas seseorang itu dapat dilihat dari imannya. Tentunya yang dapat dilihat disini adalah buah dari iman tersebut. Banyak orang kristen yang memiliki “iman” kepada Tuhan Yesus, tetapi tidak berbuah didalam kehidupannya, mereka percaya kepada Tuhan Yesus hanya sekadar percaya di bibir, dan percaya di KTP bahwa mereka agama Kristen. Apakah ini yang dinamakan krisis “berbuah”, atau mungkin buahnya hanya keluar sacara musiman, ketika Natal atau Paskah mereka berlomba-lomba untuk peduli kasih setelah itu hilang tanpa jejak.

Surat rasul Paulus kepada jemaat di Galatia hendak menekankan bahwa iman kepada Kristus adalah jalan menjadi anak-anak Allah. Ketika Yesus Kristus telah memberi kebebasan atas kuasa maut, maka Roh Kuduslah yang akan menuntun orang beriman untuk terus berbuah didalam imannya. Dengan kata lain ketika kita menyadari bahwa kita telah dipilih untuk ditebus, maka kita ini adalah milik-Nya. Menjadi milik kepunyaan-Nya tentunya kita harus siap untuk dibimbing, dibentuk, dan ditegur-Nya.

Identitas sebagai anak-anak Allah digambarkan oleh Rasul Paulus adalah mereka yang hidup didalam Roh, dan bukan hidup didalam daging. Dan mereka yang hidup didalam Roh akan dituntun dalam kebenaran kasih-Nya sehingga mereka menghasilkan buah-buah Roh Kudus didalam kehidupannya. Ada Kasih, sukacita, damai sejahtera, kasabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, dan penguasaan diri. Kalau tadi pagi kita boleh merenungkan untuk penguasaan diri, itu berarti masih ada delapan buah-buah roh kudus yang menjadi PR bagi kehidupan kita yang harus kita hasilkan sebagai wujud iman yang berbuah didalam Kristus, Karena kita ini milik-Nya.

KJ. 362 : 2,3
Doa : (Ya Tuhan kami bersyukur untuk hari ini, bersyukur bahwa kami ini milik-Mu, mampukan kami agar iman kami terus berbuah didalam kasih Kristus)


Source: Sabda Bina Umat

Categories: Sabda Bina Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *