Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Senin 30 November 2020 – Renungan Malam

MINGGU ADVEN I

KJ.443 : 1 – Berdoa

2 Korintus 6 : 11 – 7 : 1

Beri Hati Sepenuhnya Untuk Pelayanan

Persoalan Korintus adalah adanya ketidakseimbangan dalam merespons kerinduan dan penerimaan antara Paulus, jemaat dan pihak Iain. Paulus mengatakan, bahwa dia dan rekan-rekan sepelayanannya datang dengan “sepenuh hati”, namun jemaat menanggapi dengan “setengah hati”. Sementara bagian lain dari hati jemaat terbuka dan menerima keberadaan pihak lain, yang berbeda, bahkan sesungguhnya bertentangan dengan apa yang kemudian diberikan atau diberitakan oleh Paulus.

Pesan bacaan kita adalah pentingnya menjaga “jarak”, memahami lingkungan tempat tinggal, pergaulan yang tidak memiliki kesamaan pandangan atau keyakinan. Hal ini tidak dimaksudkan agar jemaat menarik diri dari lingkungan tempat tinggal atau pergaulan. Jika demikian, maka tentu tidak akan ada lagi lingkungan yang bebas dari orang yang “belum percaya”. Hal yang dimaksudkan ialah Jemaat perlu menerima sepenuhnya kepercayaan yang diajarkan serta memberi tempat dalam hati hanya bagi Kristus dan tidak untuk yang lain. Sebab terang dan gelap tidak dapat bersatu. Terang harus masuk dalam lingkup kegelapan agar kuasanya bekerja! Perilaku kita harus dapat dilihat berbeda dan terpisah dari mereka yang belum menerima “Kristus”. Jika perilaku kita tidak tampak berbeda, itu bisa jadi karena “hati” kita diisi oleh ketidakmurnian Injil Kristus.

Apapun kondisi hati kita saat ini, kerja selanjutnya adalah pemurnian. Kondisi jasmani dan rohani yang tercemar perlu dimurnikan kembali. Pendekatannya adalah mengimani sepenuh-Nya Injil yang diberitakan. Maksudnya, agar kita dapat secara aktif menggunakan Injil Kristus sebagai hal yang mengandung kuasa. Tujuannya guna menolong kita menjadi jemaat yang takut akan Allah. Jangan sampai apa yang dikerjakan Kristus dalam hidup ini, disangka dilakukan oleh pihak di luar Dia (Belial). Orang yang “mendua” atau “mentiga” dalam hidupnya, tidak akan pernah mengenal Kristus sepenuhnya. Hal ini adalah “kemalangan”.

KJ.443 : 2
Doa : (Ya Allah, Bapa tolong buat hati ini sepenuhnya milik-Mu, sebab sedari awalnya kami telah menjadi bagian yang tidak terpisah dari-Mu)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya