Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Jumat 16 Oktober 2020 – Renungan Pagi

MINGGU XIX SES. PENTAKOSTA

KJ. 411 : 1 – Berdoa

Hosea 14 : 2-4

Ajakan Bertobat Dan Pengakuan

Bagian terakhir dari firman Tuhan yang disampaikan oleh nabi Hosea kepada umat Israel adalah berita mengenai janji Tuhan tentang pembaruan Israel (Hos 14). Prosesnya dimulai dari panggilan untuk bertobat (ay.2-3b) dan pengakuan Israel (ay.3c-4).

Tuhan mengajak Israel agar bertobat kepada-Nya, sebab mereka tergelincir (mengalami celaka) karena kesalahannya. Ungkapan, “sebab engkau telah tergelincir karena kesalahanmu” menegaskan, bahwa mereka menderita oleh kesalahannya sendiri. Mereka tidak setia kepada Tuhan dan menyembah berhala. Tuhan memberi arahan tentang proses pertobatan itu dilakukan. Pertama, datang kepada-Nya dengan kata-kata penyesalan dan memohon ampunan atas segala kesalahan. Kedua mengaku bahwa Asyur dan kuda-kudanya tidak dapat menyelamatkan mereka; juga tidak berkata lagi “ya Allah kami” kepada patung-patung yang dibuat sendiri. Tuhan memiliki segala sesuatu yang kita harapkan dapat dipenuhi oleh-Nya, karena itu sembahlah Dia dengan setia, dan bukan menyembah berhala.

Ada dua dosa besar jemaat yang terungkap di sini yaitu, percaya pada intrik-intrik skala internasional dan penyembahan berhala. Di zaman modern, intrik-intrik international ini semakin banyak diberitakan lewat berbagai media. Contoh pada zaman itu ialah berita bahwa orang akan menjadi kaya jika menyembah Baal (dewa kesuburan di negeri Kanaan). Kita harus waspada bahwa pasa masa kini berbagai media semakin gencar mempengaruhi cara berpikir dan pola hidup orang. Ada ungkapan bahwa kebohongan yang terus-menerus diberitakan lama kelamaan akan dianggap benar. Berhala yang selalu disembah lama-kelamaan dapat dianggap sebagai Tuhan yang hidup. Ingatlah perintah kedua dari sepuluh firman “Jangan membuat patung untuk disembah”. Menyembah berhala berarti mematungkan Tuhan, sehingga Dia bisa kita atur. Padahal sesungguhnya Tuhan yang mengatur kita.

KJ. 411 : 2
Doa : (Tuhan Yesus, tolong tuntun kami dalam pertobatan dan pengakuan yang sungguh-sungguh kepadaMu)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya