Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

JUMAT, 17 AGUSTUS 2018 – Renungan Malam

 

JUMAT, 17 AGUSTUS 2018
Renungan Malam

KJ.370 : 1,2 – Berdoa

TERUSLAH MERDEKA

1 Kolose 3:5-11
dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui…(ay.10)

Tidak ada seorangpun yang mau dijajah kembali setelah mengalami kemerdekaan. Siapapun dia, tidak ada yang bersedia mengulangi kepahitan yang sama seperti sebelum merdeka. Hal inilah yang diharapkan Paulus kepada jemaat di Kolose.

Mereka telah mengalami kehidupan baru yang telah dlanugerahi Allah melalui kuasa Yesus Kristus yang menebus dan membebaskan mereka dari belenggu dosa. Tidak heran jika dengan tegas Paulus mengajak mereka untuk tetap hidup dalam kondisi merdeka tersebut dengan cara mempertahankan kehldupan iman mereka tetap merdeka. Cara tetap berada dalam status orang yang merdeka itu adalah dengan ticlak melakukan berbagai bentuk kenajisan hidup atau berbagai perbuatan closa yang melawan kehendak-Nya (ay.5-9).

Selanjutnya, hidup yang merdeka dari dosa harus terlihat nyata. Paulus menyatakan dengan bahasa kiasan “kenakanlah manusia baru“(ay.10a). ltulah uniform dari mereka yang telah dimerdekakan oleh Kristus. Godaan pastllah ada. Berbagai upaya si penjajah dilakukan untuk dapat menguasai pribadi yang telah dimerdekakan itu. Bagaimana menghadaplnya? Paulus melanjutkannya dengan berkata bahwa “manusia baru yang ingin tetap berada dalam kemerdekaan itu wajib bersedia diperbaharui terus-menerus“. Dengan kata lain, akan ada banyak strategi musuh untuk menjatuhkan kembali manusia dalam keinginan dunia. Maka orang percaya harus bersedia diperbaharui melalui kehendak-Nya yang kita temukan dalam Firman-Nya.

Bagaimana dengan kita? Kemerdekaan dari dosa telah dianugerahi Tuhan Yesus secara cuma-cuma, dan clengannya kita tidak lagi diperhamba oleh dosa. Karena itu, tetaplah menjaga kehidupan kita agarjangan mau diperhamba lagi oleh dosa. Nyatakanlah dengan sikap dan cara hidup selayaknya orang yang telah merdeka dari dosa. Tutur kata, prilaku hidup dan bahkan pola pikir kita kiranya mencerminkan hidup yang telah merdeka itu. Sehingga model hidup yang lama tak lagi menjadi bagian hidup kita.

KJ.370 : 3
Doa : (Tuhan, mampukan kami mengerjakan iman percaya kami)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya