Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Jumat 21 Agustus 2020 – Renungan Pagi

MINGGU Xl SES.PENTAKOSTA


GB.68 : 1 – Berdoa

Kisah Para Rasul 13 : 42 – 49

Bukan Sembarang Berani

Rasul Paulus dan Barnabas adalah orang-orang yang berani. Keberanian mereka lahir dari kesadaran akan tugas dan tanggung jawab pelayanan serta pemeliharaan Allah dalam situasi terberat sekalipun. Roh Kudus memberikan keberanian dan kemampuan kepada Paulus dan Barnabas untuk melaksanakan pengajaran dan pelayanan dengan tekun. Sikap berani mereka lahir dari kemantapan iman, serta rasa percaya yang besar kepada Allah. Karena itu sekalipun menghadapi bahaya dan kesulitan apapun, mereka tetap teguh dan setia pada panggilannya.

Kekuatan dan keberanian rasul Paulus dan Barnabas bukan berasal dari diri mereka sendiri, tetapi lahir dari kuasa dan kasih Allah di dalam Yesus. Karena itu ajaran dan nasihat yang mereka sampaikan memikat hati dan menumbuhkan kesadaran orang banyak untuk tetap setia, serta hidup dalam kasih karunia Allah (ay.43). Kuasa hikmat dalam mengajar yang ada pada mereka datangnya dari Roh Kudus, sehingga berita Injil yang disampaikan sungguh membawa kemajuan pada pertumbuhan Gereja.

Paulus dan Barnabas berani menyatakan kebenaran dengan tetap merangkul dan menempatkan orang Yahudi pada porsinya. Dengan demikian kejelasan terjadi bahwa Allah telah menetapkan mereka menjadi umat kepunyaan-Nya tanpa mengabaikan, kenyataan di masa lampau bahwa Dia juga memakai Israel untuk menjadi terang bagi bangsa-bangsa. Inilah waktu dan masanya, bagi rasul Paulus dan Barnabas menjelaskan hal tersebut, sekalipun pertentangan dan perbantahan serta hujatan harus mereka hadapi. Kebenaran itu tidak bisa dibendung bahkan Paulus dan Barnabas berani menjelaskan, bahwa karena penolakan oleh sebagian orang Yahudi membuat mereka kini menginjili bangsa-bangsa Iain agar Injil sampai kepada semua kaum yang belum mengenal Allah supaya keselamatan sampai ke ujung bumi.

Memahami Allah dengan karyanya bagi dan untuk semua sangat tepat diberlakukan di negara ini. ltulah yang seharusnya menjadi titik temu kita dalam menggalang persatuan dan kesatuan, serta daya upaya memutus rantai pandemi covid-19. Bersama kita bisa.


GB. 68 : 2
Doa : (Ya Tuhan, mohon tuntunlah kami memahami kehendak-Mu, sehingga dapat bertanggungjawab dan bersikap benar di antara perbedaan paham)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU PRAPASKAH

PRAPASKAH / SENGSARA
Masa ini dirayakan 7 minggu berturut-turut sebelum Paskah *). Prapaskah merupakan masa penyadaran diri dan pertobatan.
Manusia berdosa menerima anugerah keselamatan melalui kematian dan pengorbanan KRISTUS di salib dan diundang untuk
menerima kehidupan yang baru.
Warna dasar : Ungu Tua
Lambang/Logo : Ikan (ICHTUS)
Warna pinggir ikan dan huruf : Kuning
Tulisan : YESUS KRISTUS ANAK ALLAH JURUSELAMAT
Arti :
Tanda ini merupakan suatu sandi rahasia di kalangan orang Kristen mula-mula yang mengalami penganiayaan; sehingga untuk
menandai diri mereka sebagai orang-orang yang percaya kepada YESUS dipergunakan lambang ikan ini, yang dalam bahas Yunani
“IXOUS’ (Ichtus) yang berarti ikan, tetapi secara hurufiah merupakan suatu singkatan dari YESUS KRISTUS, ANAK ALLAH,
Juruselamat.