Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

JUMAT, 28 SEPTEMBER 2018 – Renungan Pagi

KJ.282 ; 1,2 -Berdoa

TERUS BERTUMBUH DALAM KETEKUNAN

Wahyu 2:18-25
Aku tahu segala pekerjaanmu: baik kasihmu maupun imanmu, baik pelayananmu maupun ketekunanmu. Aku tahu bahwa pekerjaanmu yang terakhir lebih banyak dari pada yang pertama (ay.19)

Tidak cukup bagi orang Kristen untuk tetap berdiri teguh dan tidak goyang. Tetapi iman Kristen adalah iman yang dinamis iman yang terus maju dan bertumbuh. Dalam masa-masa sulit atau masa-masa penganiayaan dan tantangan yang datang silih berganti tidak berhenti. Iman atau perkembangan jemaat biasa cenderung mundur, atau stagnan dan diam di tempat. Semua gerakan maju dan bertumbuh senantiasa dihadang dan dibendung. Untuk maju dan bertumbuh dibutuhkan energi atau kekuatan ekstra. Tantangan dan hadangan itulah yang sedang dihadapi oleh jemaat Tiatira. Perkembangan ini tentu harus diapresiasi. “Aku tahu segala pekerjaanmu: baik kasihmu maupun imanmu, baik pelayananmu maupun ketekunanmu. Aku tahu bahwa pekerjaanmu yang terakhir lebih banyak dari pada yang pertama”.

Kemajuan dan pertumbuhan seperti itulah yang diharapkan dari orang Kristen saat ini. Tantangan dan hambatan bukan menjadi alasan untuk mundur atau mandeg. Tetapi tantangan dan hambatan adalah pemicu agar orang Kristen lebih tekun dan tegar agar terus berkarya. Tantangan dan permasalahan justru membuat anak-anak Tuhan semakin matang dan dewasa. Semakin mampu menyelesaikan persoalan yang sulit. Semakin tenang menghadapi bahaya, semakin bijak menangani masalah, dan semakin berhikmat dalam mengambil keputusan.

Tetapi kemajuan dan pertumbuhan yang dicapai jemaat Tiatira, tidak membuat Tuhan menutup mata terhadap aib yang ada di dalam jemaat itu. Kehidupan yang tidak bermoral atau Zinah yang dilambangkan oleh Izebel harus dihentikan. Zinah di dalam konteks ini ialah perselingkuhan dengan penyembahan kaisar sebagai dewa. Itulah keyakinan yang disebarkan negara dan banyak orang Kristen jatuh. Kemajuan diapresiasi tetapi aib harus dikritisi dan disingkirkan dari kehidupan umat. Kemajuan dan pertumbuhan bukan berarti memegang tiket di dalam tangan untuk terjerumus dalam nilai-nilai yang bertentangan dengan kehendak Tuhan.

KJ.282: 3,5
Doa : (Mampukan kami bapa untuk terus bertumbuh di dalam iman. Tolong kami agar kami tidak selingkuh menggantikan keyakinan kami dengan keyakinan lain)

 


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU PRAPASKAH

PRAPASKAH / SENGSARA
Masa ini dirayakan 7 minggu berturut-turut sebelum Paskah *). Prapaskah merupakan masa penyadaran diri dan pertobatan.
Manusia berdosa menerima anugerah keselamatan melalui kematian dan pengorbanan KRISTUS di salib dan diundang untuk
menerima kehidupan yang baru.
Warna dasar : Ungu Tua
Lambang/Logo : Ikan (ICHTUS)
Warna pinggir ikan dan huruf : Kuning
Tulisan : YESUS KRISTUS ANAK ALLAH JURUSELAMAT
Arti :
Tanda ini merupakan suatu sandi rahasia di kalangan orang Kristen mula-mula yang mengalami penganiayaan; sehingga untuk
menandai diri mereka sebagai orang-orang yang percaya kepada YESUS dipergunakan lambang ikan ini, yang dalam bahas Yunani
“IXOUS’ (Ichtus) yang berarti ikan, tetapi secara hurufiah merupakan suatu singkatan dari YESUS KRISTUS, ANAK ALLAH,
Juruselamat.