Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

JUMAT, 3 AGUSUS 2018 – Renungan Malam

 

JUMAT, 3 AGUSUS 2018
Renungan Malam

KJ.341 : 1 – Berdoa

TUHAN DAPAT DIANDALKAN KARENA FAKTA

Mazmur 69:14-19
“Jawablah aku, ya Tuhan, sebab kasihsetia-Mu baik.” (ay.1a)

Seorang anak ribut dengan ibunya ketika sang anak ingin membuang barang-barang yang dinilainya tidak layak disimpan karena untuk waktu yang lama, barang tersebut tidak pernah disentuh oleh ibunya. Orang mengatakan bahwa hubungan anak dan ibu itu akan rusak karena peristiwa tersebut. Akan tetapi tidak demikian dengan sang ibu. Ternyata beberapa saat kemudian, ibu itu telah lupa pada peristiwa itu, terutama setelah ia berhasil mengungkapkan perasaannya kepada orang lain. Si ibu tahu anaknya lebih baik dari orang lain sehingga hubungan tetap baik.

Demikian pula dengan Pemazmur 69 ini. Daud yang berani berteriak pada Tuhan minta tolong, bukannya tidak punya alasan. Ia telah mengalami kasih sayang dan perlindungan Tuhan atas hidupnya sehingga baginya, tidak ada pihak lain dalam kehidupan politiknya yang bisa menolongnya, ketika berada dalam situasi kritis, selain Tuhannya. Dasarnya: itu sudah terbukti dalam kehidupannya. Daud mengandalkan Tuhan karena fakta, bukan harapan atau keinginan. Tuhan telah membuktikan kehadirannya dalam kehidupan Daud. Karena itu tidak salah Kalau Daud mengandalkan Tuhan itu.

Kalau memang Tuhan adalah andalan dalam kehidupan manusia, maka seyogyanya Tuhan tidak perlu diragukan. Tuhan tidak menjawab persoalan iman bagaikan seorang tukang sulap, ces pleng. Tuhan punya waktu dan situasi sendiri dalam menjawab doa-doa orang yang berharap kepadanya. Kalau Tuhan tidak berbuat begitu, maka Tuhan telah menjadi keran air bagi manusia. Keran menuruti perintah manusia. Tuhan bukanlah keran air. Tuhan adalah Tuhan. Situasi dan waktu menjawab permintaan manusia, haruslah dimengerti sebagai situasi dan waktu Tuhan. Ketika itu dipahami, lalu Tuhan berdaulat atas kehidupan manusia, bukan sebaliknya.

KJ. 341: 2
Doa : (Ampuni kami ya Tuhan kalau kami lebih ingin menguasai Tuhan dari sebaliknya)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya