Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Jumat, 5 Januari 2018 – Renungan Pagi

JUMAT, 5 JANUARI 2018

Renungan Pagi

MENAATI PERINTAH ALLAH, DIBERKATI OLEH-NYA

Kejadian 2:8-14
“Lalu TUHAN Allah menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi, yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya; dan pohon kehidupan di tengah-tengah taman itu…” (ay.9)

Taman Eden (Ibrani, – GAN ‘EDEN atau GAN-BE’EDEN) adalah tempat yang disediakan Allah bagi Adam untuk tempat tinggalnya. Kata ‘EDEN’ bermakna kesenangan/pleasure. Dari tempat inilah Adam dan Hawa diusir sesudah mereka berbuat dosa. Di dalam taman ini Adam melihat bahwa kenyamanan yang diperolehnya adalah berkat Allah. Ia tidak bisa menuntut hak sewa atas taman itu karena ia tidak dilahirkan di tempat itu. Ia juga tidak memiliki apa pun selain yang diterimanya dari Allah. Adam hidup bahagia di dalamnya.

Di taman ini ada dua pohon yang ditempatkan Allah. Dua pohon itu pohon kehidupan – jika buah pohon ini dimakan, maka manusia itu hidup untuk selamanya (Kejadian 3:22) – dan pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat – pohon ini secara khusus dilarang dimakan (Kejadian 2:17, 3:3). Jika memakannya akan menerima hukuman yaitu mati. Kata “mati”, berarti berakhir atau berhenti. Artinya dari yang sebelumnya memiliki kekekalan atau abadi. Kekekalan tersebut akan berhenti atau berakhir. Pohon yang pertama jika dimakan akan mati. Pohon yang kedua jika dimakan akan hidup kekal.

Selain ada kenyamanan yang dinikmati Adam, Allah memberikan larangan untuk ditaati oleh Adam. Sama dengan kita bahwa Allah melengkapi hidup kita dengan berkat-Nya dan Ia memberikan larangan yang harus ditaati. Dalam firman Allah, kita mendapatkan perintah untuk melakukan yang baik dan tidak melanggar larangan yang Allah tetapkan. Mendengar perintah Allah dan menaatinya akan membawa kita dalam kehidupan yang kekal bersama-Nya. Mau diberkati Allah? Jadikan firman Allah menjadi kesukaan bagi hidup kita karena dengan demikian kita akan memperoleh kebahagiaan (Mazmur 1).


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya