Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

KAMIS, 1 AGUSTUS 2019 – Renungan Pagi

 

MINGGU VII SESUDAH PENTAKOSTA

GB.226 : 1,3 – Berdoa

BIARKAN ORANG LAIN MEMUJI KITA

2 Korintus 10: 12-16

Kami tidak bermegah atas pekerjaan yang dilakukan oleh orang lain di daerah kerja yang tidak dipatok untuk kami. Tetapi kami berharap, bahwa apabila imanmu makin bertumbuh, kami akan mendapat penghormatan lebih besar lagi di antara kamu, jika dibandingkan dengan daerah kerja yang dipatok untuk kami. (ay.15)

Setiap orang memiliki alasan untuk bermegah terkait hasil kerja yang ia capai dalam hidupnya. Sebab apa yang ia hasilkan telah mampu membiayai hidupnya, keluarganya dan juga orang lain. Hidupnya telah menjadi bermakna dan berarti serta memperkaya kehidupan orang lain. Terkadang ada orang sangat bermegah, tetapi tidak atau belum menghasilkan sesuatu dalam hidup. Tidak ada pekerjaan yang menghasilkan bagi diri sendiri atau orang lain. Tetapi mereka ingin bermegah dan membanggakan diri dihadapan orang lain. Bahkan ada yang bermegah karena hasil karya orang lain; bukan hasil karya sendiri. Mereka suka memuji diri sendiri. Seolah-olah mereka lebih berhasil dari orang lain. Mereka menganggap diri telah menghasilkan banyak karya besar di tempat lain. Tetapi sesungguhnya mereka hanya bermimpi telah melakukannya.

Paulus menghadapi orang-orang yang suka bermegah dan memuji diri sendiri. Padahal mereka belum melakukan suatu kerja yang membuat mereka layak membanggakan diri dan menerima pujian. Paulus dan Titus tidak mau menggolongkan diri dengan mereka; tidak ingin dibandingkan dengan mereka. Paulus dan Titus juga tidak mau bermegah melampaui batas jemaat-jemaat yang telah ditetapkan Allah untuk mereka memberitakan Injil Kristus. Paulus dan Titus juga tidak mau bermegah atau memuji diri atas pekerjaan orang lain. Mereka hidup untuk memberitakan injil bagi jemaat-jemaat. Jika jemaat bertumbuh dalam iman maka jemaat akan menghormati dan memuji Paulus dan Titus: bukan mereka memuji diri sendiri.

Mari kita melakukan pekerjaan di hari ini sebagai bentuk dari pemberitaan Injil Kristus kepada semua orang. Bekerjalah dengan jujur, tulus dan benar maka orang lain yang melihat dan mengalami hasil kerja kita akan memuji dan memegahkan kita: bukan mulut kita sendiri.

GB.226:4
Doa: (Tuhan, jadikan kami pekerja jujur, tulus dan benar)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya