Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Kamis 17 Desember 2020 –Renungan Pagi

MINGGU ADVEN III

KJ. 76 : 1 – Berdoa

Matius 18: 12-14

Kegembiraan Yang Lebih Besar

Dalam budaya masyarakat Yahudi, anak-anak biasanya tidak diperhituangkan di antara orang dewasa. Namun demikian, Tuhan Yesus justru menjadikan mereka sebagai cara pendekatan untuk menjelaskan maksud-Nya. Kepolosan dan kemurnian sifat anak- anak dipakai Tuhan Yesus untuk menjelaskan sesuatu. la menjelaskan tentang sifat-sifat yang semestinya dimiliki oleh setiap orang yang setia menjalani perintah TUHAN (ayat 1-5). Tuhan Yesus menjadikan anak-anak sebagai perwakilan dari pihak yang sering diabaikan. Namun demikian, di hadapan TUHAN tidak ada satu orang pun yang diabaikan-Nya (ayat 6-11).

Dalam pengajaran kepada murid-murid-Nya, la menegaskan tentang arti penting seorang manusia di hadapan TUHAN (ayat 14). Misi TUHAN, kehadiran-Nya menggenapi janji keselamatan bagi seluruh ciptaan. Ya, bagi seluruh ciptaan! Tidak ada satupun yang diabaikan dan ditinggalkan! Sekalipun yang satu hilang karena tersesat, kasih dan keselamatan TUHAN mencari dan menyelamatkannya! (ayat 12). Seseorang yang menerima sukacita, karena diselamatkan TUHAN, mengalami kegembiraan yang lebih besar, teristimewa di hadapan-Nya (ayat 13).

Ketika berada dalam waktu delapan hari lagi menuju Natal, apakah yang menjadi sukacita dan kegembiraan kita? Apakah masih soal hiasan pohon dan kue-kue natal, atau ketika dilibatkan dalam paduan suara ataupun drama natal? Tidak ada yang salah! Yang salah adalah ketika kegembiraan itu hanya untuk diri sendiri dan mengabaikan orang-orang yang hilang, yang tersesat, yang sudah lama tidak aktif, bahkan belum kita kenal. Bukankah Tuhan Yesus mengatakan, bahwa “Anak Manusia datang untuk menyelamatkan yang hilang”? (ayat 11).

Mari mempersiapkan keutuhan diri kita dalam menyambut kehadiran Kristus. Mari mempersiapkan diri untuk membagikan kegembiraan besar bagi sesama kita yang terabaikan.

KJ 76 : 2
Doa : (Ya Tuhan Yesus, mohon bimbinglah kami untuk mau mencari saudara-saudara yang terhilang, agar mereka juga dapat menikmati sukacita dari pada-Mu)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya