Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

KAMIS, 24 JANUARI 2019 – Renungan Malam

 

MINGGU II SESUDAH EPIFANIA

KJ.66:1,2 – Berdoa

HUKUMAN TUHAN BAGI PELAKU KECURANGAN

Mazmur 82:6-8
Namun seperti manusia kamu akan mati dan seperti salah seorang pembesar kamu akan tewas. (ay.7)

Setiap perbuatan salah pasti akan mendapat sanksi, termasuk bagi petugas yang mengadili sebuah perkara bila tidak memberikan hukuman dengan benar kepada yang bersalah atau dengan sengaja berbuat curang. Namun, kenyataan tidak selalu seperti yang kita harapkan. Lalu, siapa yang memberi sanksi kepada para penguasa dan penegak keadilan ketika berbuat tidak benar?

Pemazmur meyakini bahwa orang yang berlaku tidak adil terhadap sesamanya akan mendapat hukuman dari Tuhan. Dengan tegas keyakinan itu diperdengar oieh pemazmur di ayat 7 bahwa seperti manusia kamu akan mati dan seperti seorang pembesar kamu akan tewas. Kalau ilah atau dewa mati apa kelebihan ilah atau dewa dari manusia? Dewa atau ilah sama dengan manusia, ia kehilangan kehebatannya. Seorang pembesar tewas. Kata tewas juga dapat diartikan tumbang. ini dapat dipahami kekuasaan seorang pembesar ditumbangkan. Inilah hukuman Tuhan. Tuhan akan mempermalukan orang-orang yang berlaku tidak adil dan menumbangkan kekuasaan penguasa yang berlaku tidak adil.

Hai orang yang percaya kepada Tuhan yakinlah seperti pemazmur bahwa Tuhan itu ada dan berkuasa atas seluruh ciptaan-Nya. Walaupun mungkin hari ini masih banyak kita ternukan orang-orang lemah dan orang miskin yang digilas oleh hukum, karena para petugas yang harus memelihara keadilan tidak berlaku adil atau mungkin hari ini kita menderita karena ketidakadilan yang dilakukan orang lain. Melalui firman Tuhan hari kita diyakinkan untuk tetap percaya bahwa waktu Tuhan akan datang kepada mereka yang tidak berlaku adil dan hukuman-Nya akan diberikan
kepada mereka sesuai perbuatannya.

KJ.66:3
Doa : (Teguhkanlah iman kami ya Tuhan, agar kami percaya Engkau akan menghukum orang yang berlaku tidak adil)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya