Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

KAMIS, 28 FEBRUARI 2019 – Renungan Malam

 

MINGGU VII SESUDAH EPIFANIA

GB 287:1 – Berdoa

IMAN YANG MENGASIHI

Filemon 1;4-7
Karena aku mendengar tentang kasihmu kepada semua orang kudus dan tentang imanmu kepada Tuhan Yesus (ay 5).

Ketika terjadi kejadian Luar Biasa di suku Asmat. Papua pada bulan Februari 2018 yaitu kematian puluhan anak-anak akibat penyakit asma dan kekurangan gizi, seseorang bertanya kepada saya kemana bisa negirimkan data untuk membantu saudara-saudara disana. Saya menganjurkan supaya beliau mengirim bantuan ke Majelis Sinode GPIB agar melalui Departemen Pelkes GPIB bantuan tersebut bisa disalurkan. Beliaupun mengirimkan dana yang cukup besar. Beliau ini memang sering membantu pelayanan bagi jemaat-jemaat kecil dan juga orang-orang yang mengalami bencana.

Bagi Paulus, Filemon adalah seorang saleh yang telah memberikan hal-hal baik yang ada dalam dirinya kepada Tuhan dan saudara-saudara seiman. Paulus mendengar bahwa Filemon telah menunjukkan kasihnya kepada sesama saudara seiman dan iman Nya kepada Kristus. Sikap Filemon yang menunjukkan kasih kepada saudara-saudara seiman membuat Paulus, bersukacita dan memperoleh kekuatan, sehingga juga menghibur atau menyegarkan saudara-saudara seiman. Paulus juga tahu bahwa rumah Filemon menjadi tempat beribadah yang disebutnya di ayat 2. Karenanya Paulus dalam doanya selalu menyebut nama Filemon sekaligus bersyukur kepada Allah akan kasih dan iman yang Filemon telah tunjukkan. Doa Paulus bagi Filemon adalah agar dalam iman, Filemon semakin diperkaya dalam pengenalan akan Kristus dan terus mengerjakan hal-hal baik dalam hidup beriman.

Saudarku, iman kepada Kristus dan kasih kepada sesama saudara seiman merupakan dua hal penting dalam kerohanian kita dan kehidupan persekutuan. Iman tanpa kasih adalah kesia-siaan, “sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna” (bd 1 Kor 13:2). Pertumbuhan iman kita dapat terlihat dan terbukti dari tindakan kasih kita terhadap sesama. Karenanya, “marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dalam perbuatan dan dalam kebenaran” (1 Yoh 4:18).

GB 287:2,3
Doa : (Ya Tuhan, kiranya Iman kami semakin bertumbuh untuk mengenal Engkau dan mengasihi sesama).


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya