Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Kamis 4 Februari 2021 –Renungan Malam

MINGGU IV SES. EPIFANI

♪KJ. 27: 1 – Berdoa

Amsal 20: 8 – 10

Pendosa Kambuhan

Mungkin kita pernah mendengar istilah “penjahat kambuhan” arti dari kata ini adalah penjahat yang baru dibebaskan dari Lembaga Permasyarakatan tetapi kemudian melakukan kejahatan lagi. Sering juga disebut dengan istilah ‘residivis’. Kalau merujuk ada istilah ini, bisa kita katakan bahwa ada kemungkinan sesorang ‘kambuh’ melakukan kejahatan sama seperti penyakit. Demikian halnya dengan dosa, manusia sering berkata sudah bertobat dan berusaha bertobat namun tetap saja melakukan kesalahan lagi atau jatuh dalam dosa lagi.

Penulis kitab Amsal mengungkapkan secara tidak langsung bahwa pengampuan dosa dan pembaharuan seseorang dari kejahatan tidak dapat dilakukan semata-mata hanya oleh kekuatan manusia. Tidak seorangpun dapat menyembunyikan dosanya di hadapan Allah. Allah yang Maha-adil dan Maha-kuasa melihat darl tempat-Nya bersemayam segala kejahatan manusia. Karena itu penting bagi kita untuk dengan penuh sesal dan kerendahan hati datang kepada Allah memohon pengasihan-Nya. Hanya dengan pertolongan Roh Kudus dan hikmat-Nya, manusia dapat belajar dari kesalahannya dan menjauhkan diri dari dosa.

Saudaraku yang terkasih, kita harus menyadari bahwa kita rentan terhadap dosa dan godaannya yang mengakibatkan keberdosaaan kita dihadapan Allah. Hanya kasih Allah yang agung di dalam Yesus yang dapat memampukan kita ditahirkan dari dosa, dan oleh pertolongan Roh Kudus semata kita dapat menyadari keberdosaan kita dan untuk kemudian bertobat. Karena itu marilah senantiasa mendekat kepada Allah agar kita tidak kambuh lagi tdosa dan kita tidak binasa.

♪KJ.27 :2
Doa: (Bapa, yang baik kami menyadari keberdosaan kami di hadapan-Mu, dan memohon pengampunan juga penyertaan-Mu agar kami tidak tersesat dalam kegelapan dosa)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya