Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Minggu 14 Februari 2021 – Renungan Malam

HARI MINGGU VI SES. EPIFANI
♪KJ. 459 : 1 – Berdoa

1 Yohanes 2 : 18-21

Anti Kristus VS Pengurapan

Setiap keluarga memiliki keunikan. Bahkan setiap orang dalam keluarga juga berbeda. Betapa peliknya mengatur suatu persekutuan walaupun sekecil unit keluarga. Bayangkan jika saudara seorang pendeta dipanggil Tuhan memelihara jemaat-Nya berjumlah seratus keluarga dengan jumlah jiwa tiga ratus orang dengan perbedaannya. Sudah dapat dipastikan menguras pikiran dan tenaga. Apalagi jika mulai muncul konflik karena keberagaman umat. Rasul Yohanes mengingatkan umat binaannya bahwa saat ini telah bangkit banyak antikristus dalam umat ini.

Rasul Paulus pernah mengingatkan jemaat di Tesalonika tentang ancaman orang-orang seperti ini. Sebab sebelum hari itu, haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa, yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Alah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah (lih. 2 Tes. 2:3b,4). Tentu saja para antikristus ini sangat mengancam persekutuan umat, namun Yohanes menyatakan bahwa walaupun mereka termasuk sebagai bagian dari umat waktu itu, justru menjadi bukti bahwa mereka tidak termasuk pada umat sejati. Mengapa demikian? Apakah buktinya? Perbedaannya adalah bahwa umat yang tetap berada dalam komunitas umat sejati, adalah umat yang telah beroleh pengurapan dari Yang Kudus, dan mereka tetap memelihara kebenaran Ilahi. Apabila saudara telah diurapi oleh Yang Kudus yaitu Roh Kudus sebagai mana dinyatakan dengan penumpangan tangan pada peristiwa khusus seperti Baptisan Kudus, Peneguhan Sidi, Peneguhan Pendeta dan Presbiter sebagai realitas kekudusan llahi yang mengalir kedalam hidup saudara sebagai kebenaran yang sesungguhnya, jangan sekali-kali menggantikannya dengan dusta, karena tidak ada dusta yang berasal dari kebenaran.

♪KJ. 459 : 2
Doa : (Tuhan, mampukan kami memahami dan melakukan kebenaran-Mu dan berjanji untuk membuang segala dusta)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya