Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Minggu 14 Februari 2021 – Renungan Pagi

HARI MINGGU VI SES.EPIFANI
♪KJ. 398: 1 – Berdoa

1 Yohanes 2: 7 – 17

Komunikasi Spiritual

Setiap hari kita berkomunikasi. Contoh komunikasi dalam keluarga, yang terjadi di pagi hari yang menyenangkan, adalah ketika sang ibu berkata, “Selamat pagi nak”, sambil memeluknya. Kemudian sang ayah menciumnya sambil berbisik, “Tuhan memberkatimu hari ini, nak”. Komunikasi yang menyenangkan bukan? Komunikasi yang bukan basa-basi. Komunikasi yang tidak saja mengasah akal budi, tetapi juga menyentuh hati nurani, moralitas rohani.

Melalui suratnya, Yohanes menyapa keluarga besar umat binaannya dengan dua perintah. Pertama, perintah lama, yaitu tentang persekutuan dengan Bapa dan Anak-Nya, yang telah dialami para rasul serta disaksikan kepada mereka (band.I:1-5). Kedua, perintah baru yaitu menghindari kebencian pada setiap saudara dan menggalang kasih sayang kekeluargaan sesama umat Tuhan, sebagai petanggungjawaban spiritualitas. Hal ini dilukiskan sebagai kegelapan yang sedang menjauh. ltu berarti, terang kebenaran sedang menerangi jalan kehidupan. Terang kebenaran itu membuat orang tidak menjadi buta tanpa arah.

Melalui suratnya Yohanes pun menyampaikan perintah baru kepada anak-anak. la menyatakan, bahwa dosa mereka sudah diampuni. Hal tersebut memungkinkan mereka lebih mengenal Sang Bapa. Dengan firman-Nya, mereka mampu mengalahkan kejahatan.  Kepada bapa-bapa yang telah mengenal Tuhan sejak awal, dinasihati agar menghindari keinginan daging, terutama yang bermula dari mata dan keangkuhan hidup duniawi. Sebaliknya, mereka didorong untuk melakukan perintah Tuhan dan hidup selamanya di dalam kehendak-Nya.

Konsultasi Teologi GPIB tahun 2016-2017 di enam sentra wilayah telah menambah pemahaman Gereja sebagai Rumah Besar (2. Timotius 2:20). Selain itu juga mengajak GPIB untuk meningkatkan kepedulian pada sesama dengan saling menyalurkan kasih sayang yang berkelanjutan. Hidup di dalam sopo godang (Batak), rumah gadang (Minang), betang (Dayak), rumah panjang, dan baileo (Maluku) merujuk pada sukacita bernaung di bawah rumah besar bersama yang memiliki komunikasi spiritual saling membangun berdasarkan kehendakNya.

♪KJ. 398: 3
Doa : (Tuntunlah karni dengan kuasa-Mu, Tuhan, agar karni hidup patuh pada kehendak-Mu sepanjang waktuMu)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya