Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Minggu 20 Desember 2020 –Renungan Malam

HARI MINGGU ADVEN IV

KJ.291 : 1,2 – Berdoa

1 Tawarikh 16 : 14-18

Ikatan Perjanjian

Memorandum of understanding (MOU) sangat penting dalam sebuah ikatan perjanjian kerja antara pemberi kerja dan pekerja. Isinya, hak dan kewajiban dari kedua belah pihak yang menyepakati perjanjian tersebut. Setelah keduanya setuju dan menandatangani, maka isinya dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan bersama. Nyanyian ini berisi pengakuan iman Daud tentang TUHAN sebagai Penguasa seluruh bumi dan yang setia pada janji-Nya. TUHAN menentukan sebuah daerah bagi umat-Nya, yaitu Kanaan. TUHAN telah mengikat perjanjian dengan Abraham. Perjanjian itu bersifat kekal dan diperintahkan untuk disampaikan kepada “seribu angkatan” — generasi penerus. Perjanjian TUHAN dimulai dari pemanggilan Abraham untuk keluar dari Ur Kasdim, juga pengutusannya menuju tanah berlimpah susu dan madu. Perjanjian itu berlanjut pada Yakub dan keturunannya yang kemudian disebut sebagai Israel. Ikatan perjanjian itu ditandai dengan pemberian tanah sebagai milik pusaka bagi keturunan Abraham, Ishak dan Yakub. Tanah adalah anugerah TUHAN yang memberikan identitas kepada Israel sebagai: pertama, sebuah bangsa; kedua, umat kepunyaan- Nya; ketiga, pribadi yang memiliki hubungan khusus dengan Dia.

Ikatan perjanjian antara TUHAN dan orang percaya saat ini membawa kita pada sebuah identitas sebagai umat milik-Nya yang memiliki hubungan khusus dengan Dia. Ikatan perjanjian itu terwujud dalam iman kepada Kristus yang telah memberikan keselamatan dan anugerah pengampunan. Ikatan perjanjian tidak berlaku sepihak, apalagi hanya menuntut hak dan melalaikan kewajiban. Umat milik TUHAN perlu memiliki sikap hormat kepada-Nya, bukan menuntut Dia. Sikap hormat pada-Nya harus dinyatakan melalui tutur kata dan perilaku hidup yang menceritakan tentang perbuatan-perbuatan TUHAN yang ajaib. Pertama, memiliki kemampuan untuk membaca peristiwa hidup. Kedua, bersikap bijak dalam setiap persoalan yang dihadapi dan tidak mudah untuk menghakimi orang lain. Ketiga, tetap menjaga kekudusan hidup di tengah dunia, agar kehadiran kita mendatangkan damai sejahtera dan keadilan bagi sesama.

KJ.291 : 3.4
Doa : (Ya Tuhan, tolong jadikan kami pribadi yang setia pada ikatan perjanjian-Mu)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya