Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Minggu 20 Desember 2020 –Renungan Pagi

HARI MINGGU ADVEN IV

GB.6 : 1,2 – Berdoa

1 Tawarikh 16 : 7 – 13

Doa Dan Nyanyian Hidup

Qui bene cantat, bis orat secara harafiah berarti “la yang bernyanyi dengan baik sama dengan berdoa dua kali”. Kalimat ini diucapkan oleh Santo Augustinus, uskup dan pujangga Gereja dari Hippo. Ungkapan tersebut nampak dalam bacaan kita hari ini yang berisi nyanyian ucapan syukur dan sukacita Daud, para imam, suku Lewi serta masyarakat Israel setelah mereka memindahkan tabut TUHAN dari Kiryat-Yearim ke Yerusalem. Dalam proses pemindahan tabut TUHAN, ada ketentuan yang ditetapkan Daud sesuai dengan jaman Musa, bahwa yang mengangkut itu adalah suku Lewi. Alasannya, sebab mereka yang dipilih TUHAN (15:2). Saat proses pengangkutan, Daud, orang Lewi dan para penyanyi mengenakan jubah dari kain lenan. Pengangkutan tabut menuju Yerusalem diiringi oleh sorak dan bunyi sangkakala, nafiri serta ceracap sambil memperdengarkan permainan gambus juga kecapi (15:27-28).

Nyanyian itu disampaikan oleh Asaf dan saudara-saudara semuanya kepada TUHAN atas permintaan Daud (16:7). Israel diundang untuk memuji nama TUHAN dengan cara memperkenalkan perbuatan-perbuatan-Nya di antara bangsa-bangsa. Bangsa Israel diminta untuk mempercakapkan segala perbuatan-Nya yang ajaib. Mereka yang berdoa dan beribadat disebut sebagai orang-orang yang mencari TUHAN. Maksudnya, ialah orang-orang yang percaya dan berharap kepada-Nya untuk bermegah di dalam nama-Nya.

Nyanyian ini mendorong seluruh umat Israel untuk mencari TUHAN dan terutama mengingat perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib. Tanpa perenungan yang berulang-ulang melalui proses mengingat tersebut, maka umat Israel tidak akan sanggup memenuhi undangan untuk memperkenalkan dan mempercakapkan perbuatan- perbuatan TUHAN yang ajaib. Israel adalah orang-orang pilihan anak-anak Yakub. Gelar ini mengungkapkan kesadaran akan hubungan mereka yang khusus dengan TUHAN.

Saudara, kita pun dipanggil untuk memiliki sikap yang sama sepert Daud. Mari hadir di tengah masyarakat untuk menyanyikan perbuatan TUHAN melalui tutur kata, perilaku, dan karya hidup kita setiap hari. Itulah doa.

GB 6 : 3,4
Doa : (Ya Tuhan, tolong aku untuk menjadikan hidupku sebagai doa)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya