Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Minggu 6 Desember 2020 –Renungan Pagi

HARI MINGGU ADVEN Il

KJ. 85 : 1, 2 – Berdoa

Yesaya 30 : 18 – 26

Berbahagia Yang Menantikan Tuhan

Hal yang membosankan dan melelahkan adalah menanti atau menunggu. Kita berharap sesuatu yang diidamkan segera terjadi tanpa menunggu terlalu lama. Daya tahan seseorang bisa merosot, sebab ada godaan lain yang lebih menggiurkan. Ketidak-sabaran malah menghasilkan malapetaka. Perkataan dan perbuatan kita yang lebih mengandalkan kekuatan manusia hanya mendatangkan kekecewaan, bukannya kebahagiaan hidup.

Bangsa Israel mengambil tindakan yang justru membelakangi pimpinan Tuhan. Mereka tidak sabar menunggu pertolongan-Nya. Yehuda lebih memilih Mesir dalam menghadapi Asyur. Kekuatan Mesir lebih memikat ketimbang memercayai kuasa Tuhan. Akibatnya, Yehuda dihukum dan dihancurkan ibarat tempayan tukang periuk yang diremukkan dan tidak berguna lagi (ay. 14).

Tuhan tahu persoalan mereka. Bangsa Israel yang justru sama sekali tidak mengerti, bahwa Tuhan tetap menanti mereka untuk datang bertobat dan berharap kepada-Nya. Tuhan memberikan kasih-Nya, mendengar serta menjawab doa-doa mereka. Dengan kasih-Nya, umat Tuhan dapat menikmati berkat jasmani dan rohani. Mereka akan menikmati makanan lezat yang berlimpah dan mengalami kesembuhan. Dengan menjalani kehidupan yang kudus dan membuang segala berhala, mereka akan benar-benar hidup dalam kebahagiaan.

Minggu Adven mengingatkan kita untuk menantikan kedatangan Yesus sebagai Hakim dan Raja di zaman akhir. Selain itu juga mengingatkan, bahwa Tuhan masih tetap menantikan kedatangan kita yang berdosa untuk bertobat dan menerima kasih Yesus. Kebahagiaan disediakan Tuhan bagi kita. Kegagalan masa lalu bukan untuk dipertahankan. Mari buka hati, sambut kasih Tuhan Yesus dengan mengikuti Perjamuan Kudus. Mari kita berkomitmen hidup kudus, buang semua berhala di hati kita dan andalkan Tuhan Yesus untuk kehidupan yang penuh berkat.

 KJ. 85 : 3, 4
Doa : (Tolong kami, Tuhan Yesus untuk menanti kedatangan-MU dengan hati yang percaya penuh akan janji-Mu dan kesungguhan pertobatan diri)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya