Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

MINGGU, 6 JANUARI 2019 – Renungan Malam

 

HARI MINGGU EPIFANIA

GB.62 : 1,2 – Berdoa

YANG MENANTIKAN TUHAN TIDAK MENDAPAT MALU

Yesaya 49:22-26
Orang-orang yang menanti-nantikan Aku tidak mendapat malu (ay.23).

Berbahagialah jika saudara dan saya hari ini pergi ke gereja, beribadah setia mengalami perjumpaan dengan Allah. Mengapa? Karena itu merupakan tanda bahwa kita mempercayakan diri pada Allah dalam menghadapi hari-hari ke depan yang penuh misteri.

Bacaan firman mengajak umat hidup berpengharapan pada Allah. Mengapa sejarah pernah membuktikan bahwa Allah sendiri yang menyatakan kuasa-Nya terhadap umat? Dikatakan tangan Tuhan terangkat untuk membawa umat Israel keluar dari Mesir. serta mengalahkan musuh-musuh mereka. Umat yang tadinya tidak dianggap atau diremehkan bahkan di jijikkan, kini ditampilkan sebagai anak kesayangan pembesar-pembesar bangsa lain. Umat Israel digendong, didukung, diasuh, disusui sehingga umat yang tadinya terhina ditinggikan dan di hormati. Dikatakan orang-orang Sujud kepada-Nya dengan muka sampai ke tanah. Melalui tanda penghormatan tersebut, umat Israel dapat pulang kmnbali ke Sion.

Allah bertindak dengan karya nyata. Umat tinggal mengimani dan mengaminkan karya Allah. Allah kembali berkarya yaitu dengan membebaskan Israel dari Babel. Tuhan adalah Juruselamat, Tuhan adalah Penebus yang Maha Kuat. Janji penyertaan Allah tidak berubah. Kita dipanggil untuk meyakini Tuhan akan bertindak, apapun dan bagaimanapun situasi yang kita hadapi.

Nah, menanti Tuhan bertindak bukan berarti kita tidak berbuat apa-apa. Menanti tindakan Tuhan adalah rnenjalanl hidup dalam semangat sorgawi, meskipun nantinya kita diperhadapkan pada tantangan, kendala dan tanda tanya bahkan ketidakpastian. Allah tetap berkarya atas hidup orang percaya. Percayalah hidup kita makin bermakna bersama Allah. Kalaupun Tuhan belum mengabulkan doa dan permohonan kita, harapan dan cita-cita kita saat ini. Mari tanamkan dalam hati dan pikiran kita bahwa yang menantikan Tuhan tidak akan mendapat malu.

GB 62 : 3
Doa : (Kuatkan iman, hati, pikiran, tutur kata dan perbuatan kami ya Tuhan agar tak gentar ditengah persoalan)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya