Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

RABU, 13 FEBRUARI 2019 – Renungan Malam

 

MINGGU V SESUDAH EPIFANIA

KJ 462 : 1,2 – Berdoa

DIBANGKITKAN UNTUK MEMBANGKITKAN

Kisah Para Rasul 9:36-43
Tetapi Petrus menyuruh mereka semua keluar, lalu ia berlutut dan berdoa. Kemudian ia berpaling ke mayat itu dan berkata: “Tabita, bangkitlah!” Lalu Tabita membuka matanya dan ketika melihat Petrus, ia bangun lalu duduk. (ay.40)

Atas permintaan murid-murid di jemaat Yope, Petrus bergegas melanjutkan kunjungannya ke kota itu. Kedua orang yang disuruh menjemput Petrus tentu memberi tahu peristiwa yang tengah terjadi di Yope. Setibanya di Yope, Petrus dibawa keloteng. Setelah melihat sendiri mayat Tabita, tentu dia turut terharu.

Tabita adalah orang baik; Ia suka menolong sesama. Ia selalu memberikan sedekah, terutama kepada para janda miskin yang tinggal disekitar lingkungan rumahnya. Tentu saja masyarakat disekitarnya merasa sangat kehilangan dan berduka karenanya. Para janda sambil menangis memperlihatkan karya-karya Tabita yang telah dipersembahkan kepada mereka ketika Tabita masih hidup, yaitu baju dan pakaian. Petrus turut merasakan kesedihan warga jemaat di Yope. Karena itu ingin sekali berbuat sesuatu bagi mereka. Petrus menyuruh mereka semua keluar dari ruangan itu. sebab ia membutuhkan suasana hening untuk mendapat Petunjuk dari Tuhan yang bangkit. Petrus tidak akan berbuat sesuatu jika Tuhan belum menyuruhnya. Petrus berlutut dan berdoa dengan sangat hikmat. Setelah Petrus mendapat kepastian, bahwa Tuhan menghendaki Tabita hidup, maka dia memalingkan wajahnya kemayat Tabita dan berkata: “Tabita bangkitlah !”. Seketika itu juga Tabita membuka mata, yang telah ditutup rapat oleh kematian.

Ketika melihat Petrus, Tabita bangkit dari pembaringannya dan duduk. Tuhan Yesus yang membangkitkan Tabita masih memberikan kesempatan kepadanya untuk melanjutkan karya kebajikan bagi orang-orang yang membutuhkan. Banyak masyarakat Yope Yang menjadi percaya Karena mujizat itu.

Yesus tidak hanya membangkitkan orang percaya dari kematiannya nanti, tetapi membangkitkan orang percaya pada saat ini juga. Yaitu membangkitkan kita dari berbagai kemalasan, keputusasaan dan ketergantungan pada berbagai tawaran dunia. Tujuannya agar orang percaya bangkit dari berbagai tawaran dunia. Tujuan nya agar orang percaya bangkit dari berbagai keterpurukan dan berbuat kebajikan bagi sesama.

KJ 462:3,4
Doa : (Ya Tuhan, bangkitkanlah semangatku untuk melayani sesamaku, agar melalui karya dan karsa aku turut Nama dan kuasa-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

12 Juni - 31 Juli 2021
, pukul 18.00 - 20.00 WITA
GPIB Bukit Benuas Balikpapan

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU PRAPASKAH

PRAPASKAH / SENGSARA
Masa ini dirayakan 7 minggu berturut-turut sebelum Paskah *). Prapaskah merupakan masa penyadaran diri dan pertobatan.
Manusia berdosa menerima anugerah keselamatan melalui kematian dan pengorbanan KRISTUS di salib dan diundang untuk
menerima kehidupan yang baru.
Warna dasar : Ungu Tua
Lambang/Logo : Ikan (ICHTUS)
Warna pinggir ikan dan huruf : Kuning
Tulisan : YESUS KRISTUS ANAK ALLAH JURUSELAMAT
Arti :
Tanda ini merupakan suatu sandi rahasia di kalangan orang Kristen mula-mula yang mengalami penganiayaan; sehingga untuk
menandai diri mereka sebagai orang-orang yang percaya kepada YESUS dipergunakan lambang ikan ini, yang dalam bahas Yunani
“IXOUS’ (Ichtus) yang berarti ikan, tetapi secara hurufiah merupakan suatu singkatan dari YESUS KRISTUS, ANAK ALLAH,
Juruselamat.