Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

RABU, 2 JANUARI 2019 – Renungan Pagi

 

TAHUN BARU

GB.327:1 – Berdoa

MENGINGAT DAN MELUPA

Mazmur 105:1-6
Ingatlah perbuatan-perbuatan ajaib yang dilakukan-Nya. mujizat-mujizat-Nya dan penghukuman-penghukuman yang diucapkan-Nya (ay.5).

Benedict Anderson, seorang ilmuwan politik dan sejarah, pernah mengatakan bahwa sejarah itu ibarat foto-foto yang kita simpan dalam sebuah album kenangan. Umumnya kita akan melakukan seleksi terlebih dahulu. Foto-foto yang terlihat indah, lucu, berkesan positif dan memiliki kenangan penting, akan kita simpan agar selalu teringat dan memberi kebanggaan tersendiri.

Sebaliknya, foto-foto yang kurang indah dan memiliki kenangan buruk akan disembunyikan di tempat yang tidak bisa orang lain lihat, bahkan ada yang dibuang dan dibakar agar segera dilupakan.

Sejarah campur tangan dan kebaikan Tuhan terhadap manusia demiklan juga, ada yang masih diingat dan dilupakan. Oleh karena itu Sang Pemazmur mengajak umat Tuhan untuk selalu bersyukur atas kebaikan dan kemahakuasaan Tuhan yang terus terjadi sejak masa nenek moyang orang Israel dahulu (ay.1,2,6). Rasa syukur ini dimulai dengan mengingat perbuatan-perbuatan ajaib yang telah dilakukan-Nya (ay.5). Rasa ingin selalu dekat dengan Tuhan dan memahami kehendak-Nye akan menjadi jalan menuju pengertian yang indah dan benar, sehingga akan seialu teringat akan Tuhan (ay.3,-4).

Sebagai anak-anak Allah, tak jarang kita melupakan segala perbuatan ajaib maupun teguran yang telah Tuhan nyatakan dalam hidup kita. Ini terbukti ketika menghadapi masalah-masalah kehidupan, kita cenderung kuatir, menjadi lemah, bahkan sampai mengandalkan kuasa lain. Kita lupa bahwa sudah banyak kali kita mengalami pertolongan dan perbuatan ajaib Tuhan dalam hidup ini. Kita harus terus mengingat segala perbuatan Tuhan dalam hidup pribadi maupun keluarga, bahkan memajangnya sebagai kesaksian bagi banyak orang, sehingga ketika badai kehidupan datang, kita tetap bersyukur dan percaya bahwa Allah tetap menyertai dan memberkati seperti yang sudah-sudah.

GB. 327:2
D0a : (Allah kami yang Eea, ampuni kami jika selama ini kami melupakan segala kebaikan dan teguran-Mu, sehingga iman kami pun kurang mengalami kedewasaan. Mampukan kami selalu mengingat segala karya-Mu dalam hidup ini, serta tetap percaya pada janji penyertaan-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya