Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Rabu, 20 Juni 2018 – Renungan Malam

 

Rabu, 20 Juni 2018
Renungan Malam

GB.22 – Berdoa

PENDERITAAN AKIBAT DOSA

Ratapan 1 :10 -14
Segala pelanggaranku adalah kuk yang berat, suatu jalinan yang dibuat tangan Tuhan, yang ditaruh di atas tengkukku, sehingga melumpuhkan kekuatanku (ay.14)

Penderitaan yang dialami seseorang, tidak selalu disebabkan oleh dosa orang tersebut. Bisa jadi karena memang Tuhan yang mengizinkan dia menderita, seperti yang terjadi pada Ayub. Akan tetapi, dalam kitab Ratapan ini, ditekankan penderitaan sebagai akibat dari dosa. Tujuannya, agar bangsa Israel insaf dan sadar bahwa karena pelanggaran yang mereka lakukan, mereka akan berhadapan dengan hukuman Tuhan.

Kitab Ratapan menjadi peringatan bagi bangsa Israel di kemudian hari agar jangan merasa diri bebas dari hukuman karena status sebagai umat Allah. Tempat yang dinyatakan kudus bagi Allah saja, dengan mudahnya diporak-porandakan, apalagi orang Israel itu sendiri.

Jangan sampai salah dalam melangkah. Satu kesalahan memang mengkhawatirkan, tapi apabila kesalahan dosa itu terjadi berulang-ulang, maka kekhawatiran itu akan berubah menjadi kenyamanan. Sampai pada satu titik climaks hukuman itu nyata terjadi. Kesalahan dosa yang selama ini kita nikmati, akan menjadi beban yang menekan kita. Saking beratnya, sampai kita pun tidak mampu untuk menanggungnya. Itu semua adalah akibat dari pikiran kita yang merasa hidup ini sepenuhnya tergantung pada usaha dan kekuatan kita. Padahal di sisi lain, kita sadar bahwa kita ini punya banyak kelemahan dan keterbatasan. Namun semua itu sering
tidak terpikirkan, karena sibuk dengan kenyamanan akibat kesalahan & dosa yang dilakukan.

Oleh sebab itu, Firman Tuhan malam ini dengan tegas berkata bahwa semua kesalahan dosa kita pada akhirnya akan membawa kita dalam penderitaan. Alangkah baiknya sebelum semuanya itu terjadl, kita menjadi insaf dan belajar untuk membiasakan melakukan hal-hal yang balk, yang berkenan di hadapan Allah. Supaya karya penebusan Kristus tidak menjadi percuma, tetapi dapat kita pertahankan dengan pertolongan kuasa Roh Kudus.

GB.62:1,5
Doa : (Tuhan, kami memohon kepada-Mu untuk membuat kami insaf dari kesalahan dosa kami, sebelum kami harus menerima akibatnya. Jauhlah kiranya murka-Mu daripada kami, karena kami mau belajar untuk melakukan yang benar di hadapan-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya