Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Rabu 23 Desember 2020 –Renungan Malam

MINGGU ADVEN IV

KJ.457 : 1,4 – Berdoa

2 Tawarikh 6 : 12 – 17

Tiga Dimensi Doa

Doa merupakan salah satu bentuk aktivitas orang percaya yang di dalamnya terdapat keyakinan dan kepercayaan yang sungguh atas karya-karya Allah, sekaligus menunjukkan kualitas iman seseorang kepada Tuhan. Doa memiliki tiga dimensi. Pertama, doa adalah cinta Tuhan bagi kita. Kedua, doa adalah respon kita kepada Tuhan. Ketiga, doa adalah persekutuan yang mesra antara Tuhan dan manusia – orang percaya.

Hal ini tergambar ketika di halaman Bait Suci dan di hadapan seluruh umat Israel Salomo berlutut dengan menadahkan kedua tanganya kepada TUHAN, dalam doanya setelah pentahbisan Bait Suci. Salomo bersyukur atas penyertaan dan pemeliharaan TUHAN bagi umat-Nya dan keluarga Daud. Salomo mengagungkan TUHAN dalam pengakuan, bahwa Dia itu unik dan berkuasa. Penyelesaian Bait Suci merupakan salah satu perwujudan superioritas TUHAN. TUHAN setia pada perjanjian kasih-Nya terhadap orang-orang yang taat kepada-Nya. Salomo memohon, agar TUHAN memenuhi janji-Nya kepada Daud, sebagai buah ketaatan yang ditunjukkannya terhadap perintah-Nya.

Sebagai orang percaya, saat ini pun kita didorong agar berbuat seperti Salomo yang mengungkapkan kasih setia Tuhan atas kehidupannya dalam doa. Dalam doa, mari menyampaikan pujian tentang kasih setia Tuhan atas hidup kita. Dalam doa, mari mengungkapkan kasih kepada Tuhan yang telah lebih dulu memberikan kepada kita kehidupan dan cinta melalui pribadi Agung yang bernama Yesus. Dalam doa, Tuhan menarik kita masuk ke sebuah relasi yang mesra dengan-Nya. Kita dapat menyampaikan semua isi hati kepada-Nya. Doa adalah tautan hati kita dan Tuhan. Melalui doa kita menemukan kehendak Tuhan dan kekuatan untuk mampu menghadapi segala pergumulan maupun tantangan hidup.

KJ.457 : 5, 6
Doa : (Tuhan Yesus, ajarlah kami untuk selalu merindukan Engkau dalam kehidupan doa yang mesra dengan-Mu)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya