Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

RABU, 24 JULI 2019 – Renungan Malam

 

MINGGU V SESUDAH PENTAKOSTA

KJ.352 : 1 – Berdoa

PERBANDINGAN AGAMA

Kisah Para Rasul 14:8-20
“…kami ini adalah manusia biasa… Kami di sini untuk memberitakan Injil
kepada kamu,…”(ay.15b)

Dalam paham Romawi, Zeus adalah Dewa Yupiter, sedangkan Hermes adalah Dewa Merkurius. Dewa Yupiter adalah Raja Para Dewa, dan Dewa Langit dan Petir, dikenal juga dengan sebutan Diespiter. Dewa Mercurius adalah Dewa Perdagangan dan Travel atau Trade and Travel. Pacuan kuda merupakan pertandingan dibawah lindungan Dewa Mercurius. Dua dewa yang populer di kekaisaran Roma.

Legenda Likaonia Dewa Hermes adalah Dewa Pembawa Pesan, Hermes adalah anak dari Dewa Zeus dan Maia. Hermes adalah Pelindung Daerah Perbatasan, Dewa Para Pengelana (Travelers), Dewa Gembala, Pencuri, Penipu, Pidato serta Puisi, Olahraga, Pengukuran, Penemuan, Perdagangan/Trade. Penduduk Listra percaya bahwa Zeus dan Hermes pernah berkunjung ke kota itu. Menurut legenda Likonia, tak seorang pun yang mau membuka pintu rumah mereka bagi kedua dewa itu. Kecuali sepasang suami istri yang telah Ianjut usianya. Karena itu Dewa Zeus dan Hermes, membunuh banyak orang dengan banjir besar. Tetapi menyelamatkan pasangan lansia itu. Pasangan lansia itu kemudian mendapatkan gubuknya dirubah menjadi Kuil berpilar marmer dan beratap emas, dan kedua lansia itu menjadi imamnya, priest and priestess. Berdasarkan legenda itu, orang Listra tak mau terulang kisah lama bahwa mereka kini kedatangan kedua dewa kembali. Mereka menyimpulkan bahwa Dewa Zeus dan Dewa Merkurius tengah berkunjung kembali kepada mereka, dalam wujud manusia Barnabas dan Paulus.

Barnabas mereka sebut Zeus. Paulus, mereka sebut Hermes. Orang Lystra berkata: Zeus, Raja para llah, telah datang, melakukan mujizat ini, didampingi oleh Hermes, Pembawa Berita, yang adalah juru bicaranya telah turun dari Gunung Olympus. Dewa menjadi manusia adalah juga legenda tua Yunani. Kisah penyembuhan ini menyebabkan seluruh kota tergerak menyambut dua orang yang mereka sangka adalah penyataan dari Zeus dan Hermes.

Paulus dan Barnabas menolak anggapan bahwa mereka adalah Dewa Zeus dan Dewa Hermes. Mereka adalah manusia biasa, yang memberitakan lnjil agar banyak orang meninggalkan perbuatan sia-sia dan kembali kepada Allah yang hidup. ldentitas kesaksian mereka tak berubah, karena tetap untuk Tuhan Yesus Kristus.

KJ.342 : 1
Doa : (Janganlah mataku silau terhadap gemerlap dunia, ya Tuhan)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya