Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

RABU, 28 NOVEMBER 2018 – Renungan Malam

 

MINGGU XXVI SES. PENTAKOSTA

GB.229 : 1 – Berdoa

MENDERITA DALAM KEBENARAN, BERBAHAGIALAH

1 Petrus 2: 18 – 25
“Sebab adalah kasih karunia, jika seorang karena sadar akan kehendak Allah menanggung penderitaan yang tidak harus ia tanggung”. (ay.19).

Melalui nas diatas Rasul Petrus menjelaskan bahwa ada kalanya kita harus menanggung penderitaan bukan karena kita melakukan hal yang salah atau jahat! Mari kita renungkan: “Ketika Ia dicaci maki, Ia tidak membalas dengan mencaci maki; ketika Ia menderita, Ia tidak mengancam,…”(ay.23) Tuhan Yesus mempraktekkan kasih Allah saat berhadapan dengan para pengejek dan mereka yang membenci-Nya. Kebenaran Injil yang dikhotbahkan diberlakukan dengan cara kasih dan bukan dengan mernbalas kejahatan dengan kejahatan.

Kalau kita memperhatikan film-film yang beredar yang mengisahkan tentang kejahatan. Ada jagoan yang mengungkap segala bentuk kejahatan. Jagoan itu memiliki keahlian dan kekuatan untuk melawan kejahatan. Mereka berkorban menumpas kejahatan. Dan akhir dari cerita film itu, kejahatan itu dikalahkan, orang jahat itu mati atau tertangkap. Bagaimana dengan Yesus ? Yesus punya segala-galanya!. Tetapi untuk siapa Yesus datang ke dunia ini? Untuk orang-orang baik saja? Bukan. Yesus datang untuk orang-orang yang dikatakan dalam ayat 24-25, orang berdosa dan orang sesat.

Bagaimana saudara mengelola kecenderungan untuk marah dan jengkel ketika segala cara sudah saudara lakukan, namun orang itu tidak mau mendengaratau menerimanya ? Mari renungkan cara yang digunakan oleh Yesus. Bukan dengan kekuatan-Nya, melainkan dengan cara-Nya: menyerahkan diri (bukan memimpin pemberontakan), membiarkan diri menderita (bukan melawan), menerima salib dan mati (bukan melarikan diri). Tuhan Yesus melakukan semua-Nya karena kasih-Nya kepada manusia dalam ketaatan kepada Bapa-Nya. Kita diingatlkan untuk tidak lari dari panggilan Tuhan untuk tetap mengasihi sekalipun terluka.

GB.229 : 2
Doa : (Ya Allah ajar kami menyadari akan kehendak-Mu agar selalu memberikan kepada kami kepekaan dan kekuatan untuk melakukan setiap kehendak-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya