Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Rabu 3 Februari 2021 –Renungan Pagi

MINGGU IV SES. EPIFANI

♪KJ. 325: 1 – Berdoa

Amsal 20: 1 – 3

Amarahmu, Petakamu

Ada seorang teman yang sedang mengetik tugas di laptop miliknya, disaat dia sedang berkonsentrasi tiba-tiba laptonya mati (‘hang’), Karena kesai dia marah. Tanpa di sengaja ketika dia marah gelas minuman yang ada disamping laptopnya tersenggol badannya dan mengakibatkan llaptopnya basah, sehingga meniadi rusak. Dari cerita ini kita bisa melihat bahwa amarah itu terkadang saring merugikan bahkan cenderung membuat manusia lebih menderita. Namun bukan berarti kita tidak boleh marah. Marah boleh selama kita bisa mengendalikan diri artinya tidak dikuasia oleh hawa nafsu. Yang pasti perlu diingat bahwa marah membuat orang lebih susah dan bahkan dapat membawa manusia dalam dosa.

Penulis Kitab Amsal mau mengingatkan kita akan hal itu dalam bacaan pagi ini. Amarah bisa membuat orang seperti orang mabuk yang tidak bisa mengontrol diri dan singa muda yang ganas dan hilang akal bahkan merugikan orang lain juga.

Pagi ini sebelum memulai aktivitas, penulis kitab Arnsai mengingatkan kita bahwa amarah itu berpotensi menjadi bencana bagi kita. Dalam kehidupan yang kita jalani, setalu terbuka kemungkinan bagi kita untuk marah (di rumah, kantor dan dijalan). Mari belajar mengendalikan emosi dan memohon hikmat dari Allah agar kita tidak jatuh kedalam pencobaan dalam aktivitas hari ini. Ingatlah Rasul Petrus pernah berkata bahwa lawan kita si Iblis senantlasa mengawasi kita dan mencari celah, seperti singa yang slap menerkam kita (I Petrus 5 : 8) Jangan sampai amarah kita menghanguskan kita dan orang-orang yang ada di sekeliling kita .

♪GB. 325 : 2
Doa (Ya Allah kami menyadari keterbatasan diri kami menahan emosi karena itu sertailah kami dalam beraktivitas dihari ini, agar kami dapat mengendalikan diri dengan bijaksana)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya