Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

RABU, 31 OKTOBER 2018 – Renungan Malam

 

KJ.235 : 1,2 – Berdoa

MENANGGUNG DALAM KASIH TUHAN

Filemon 1:17-22
“Dan kalau dia sudah merugikan engkau, ataupun berhutang padamu, tanggungkanlah semuanya itu kepadaku” (ay.18)

Pernah terjadi, seorang janda muda pinjam uang untuk bayar hutang, tak ada yang bersedia membantunya. Ketika ia mengumumkan bahwa yang mau membeli rumahnya, bersedia menjadi isterinya…, maka puluhan orang kaya dan hidung belang mengajukan kesediaannya. Peristiwa itu mengungkapkan tentang sulit ditemukan orang yang mau membantu sesamanya dengan menanggung kesulitannya; atau menyelesaikan perbuatannya yang merugikan orang lain. Umumnya orang hanya mau melakukannya dengan pamrih yang menguntungkan dirinya, seperti contoh di atas.

Berbeda moral orang kaya masa kini dengan moral kasih Paulus. Dalam kekurangannya, Paulus bersedia menjadi penanggung perbuatan Onesimus, budak milik Filemon yang merugikan tuannya. Ia melarikan diri setelah mencuri uang tuannya. Anehnya, Onesimus datang kepada Paulus untuk menemani dan melayani dia selama dipenjara.

Rupanya di situ Onesimus bertobat dan Paulus menyuruh dia kembali kepada tuannya. Dengan surat yang dibawa Onesimus, Paulus meminta Filemon agar menerima dia kembali sebagai saudara (orang merdeka) dan menanggungkan segala kerugian yang diderita Filemon menjadi tanggungan Paulus. Paulus rela berkorban, dengan kasih demi memenangkan satu jiwa berdosa bertobat bagi Yesus. Onesimus kemudian menjadi orang merdeka dan sangat berguna bagi pemberitaan Kerajaan Sorga.

Bisakah di zaman ini kita menjadi penanggung bagi sesama yang berdosa untuk menyelamatkan dia bagi Yesus Kristus? Sikap kasih Paulus dengan segala keterbatasannya yang mau berkorban dan menanggung untuk menyelamatkan jiwa orang berdosa bagi Kristus, kiranya menjadi panutan dan membangun iman kita dalam pelayanan yang berkenan bagi Tuhan.

KJ.235:3,4
Doa : (Kumohon Roh Kudus menuntun hidupku dalam kasih Tuhan)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya