Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

RABU, 31 OKTOBER 2018 – Renungan Pagi

 

HUT KE-70 GPIB DAN HARI REFORMASI

KJ.233 ; 1,2 – Berdoa

DALAM KASIH SEMUA SETARA

Filemon 1 :8 – 16
“…supaya engkau ciapat menerimanya untuk selamanya, sebagai saudara yang kekasih”(ay.15-16)

Afrika Selatan menganut politik apartheid, meskipun kekristenan menjadi kepercayaan warga kulit putih. Nelson Mandela adalah seorang kulit hitam yang melawan politik apartheid yang menekan orang kulit hitam dan menganggapnya lebih cocok menjadi budak daripada penguasa. Ia melupakan semua kejahatan penguasa kulit putih yang menganiaya dan memenjarakan dia dalam memperjuangkan kesamaan hak orang kulit hitam. Bagi Nelson Mandela, kasih Tuhan menjadikan manusia setara dan tanpa perbedaan asas.

Dalam bacaan kita ini, Onesimus hanyalah seorang budak pelarian dan telah berbuat jahat, namun ia diterima oleh Paulus dalam kasih Tuhan. Ia disuruh kembali pada tuannya, Filemon, agar diterima kembali sebagai saudara dalam Tuhan. Filemon bukan saja menghormati Paulus, tetapi juga melaksanakan permintaan Paulus, mendudukan Onesimus sebagai orang merdeka, saudara yang kekasih. Waiaupun ia telah disakiti dan dirugikan oleh Onesimus, budaknya, namun ia menerimanya dengan tulus sebagai saudara yang kekasih dan setara dengan dia. Berbeda dengan politik apartheid Afrika Selatan yang menekankan perbedaan status sosial warga kulit putih dan kulit hitam, walaupun penguasa kulit putih beragama Kristen, kasih mereka tidak berfaedah.

Kasih Tuhan memerdekakan, dengan hak asasi dan harga diri (martabat) yang sama pula. Kasih Tuhan mengatasi segala sesuatu, mengubah segala sesuatu dan menjadikan semua setara sebagai makhluk Tuhan. Dan hati setiap orang akan diuji oleh Roh Tuhan di hadapan-Nya.

Bisakah kita hidup dengan cinta kasih seperti itu dalam persekutuan umat dan dalam bermasyarakat? Kasih bukan basa-basi, tetapi dasar asasi hidup baru sebagai umat Yesus Kristus di dunia ini.

KJ.233:3
Doa : (Tuhan tolong kami, hidup dalam kasih tanpa perbedaan)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya