Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Rabu 4 November 2020 – Renungan Pagi

MINGGU XXII SES. PENTAKOSTA

KJ. 376 : 1 – Berdoa

Maleakhi 1 : 1 – 5

Tidak memahami Kasih Tuhan

Seorang anak marah kepada orang tuanya. la tidak terima saat orangtuanya memintanya untuk melanjutkan sekolah di luar kota. la sedang menikmati kehidupan bersama dengan orangtua dan teman-temannya. Lagi pula, kota tempat ia tinggal juga memiliki sekolah. la merasa sudah ada di zona aman, mengapa ia malah diminta untuk pergi ke tempat yang asing? Di sana ia harus memulai dari awal. ltu bukanlah hal yang mudah. Namun demikian akhirnya ia tetap pergi juga.

Umat Tuhan pulang dari tempat pembuangan di Babel. Herannya umat merasa tidak dikasihi Tuhan, karena hal itu. Mereka telah hidup nyaman dengan bangsa Babel. Mereka menikmati kemakmuran dan kesenangan yang ada di Babel. Ketika harus pulang ke Yerusalem, umat merasa Tuhan membenci mereka. Pertama, mereka dibuang ke Babel. Kedua, mereka sudah beradaptasi dengan bangsa Babel. Lalu, Tuhan membawa mereka pulang kembali ke Yerusalem. Kesenangan dan kenyamanan yang mereka nikmati telah hilang. Mereka sulit memahami itu dan berkata,”Dengan cara bagaimanakah Engkau mengasihi kami?” (ay.2b).

Jalan Tuhan tidak sama dengan jalan manusia. Tuhan tahu yang terbaik bagi manusia. Pada usia 72 tahun, GPIB mungkin bisa merasa sudah berada dalam zona nyaman. Gereja harus terus bersyukur dan melakukan kehendak Tuhan semaksimal mungkin. Namun demikian, gereja juga tak boleh berhenti bertanya, “Sudahkah kami melaksanakan kehendak Tuhan dalam kehidupan bergereja?” Gereja yang bertanya dan mengevaluasi dirinya adalah persekutuan yang tidak lupa dengan kasih Tuhan. Jangan lupa bahwa ada gereja yang merayakan ulang tahun ke 500. Namun demikian, perayaan tersebut tidak ada artinya jika gereja itu kosong. Gereja yang kosong bukan karena pandemi, berarti umatnya tidak belajar memahami kasih Tuhan Yesus.

KJ. 376 : 2
Doa : (Mohon ampuni kami karena tidak menyadari kemurahan Tuhan yang telah diterima selama ini)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya