Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Sabtu, 13 Januari 2018 – Renungan Pagi

 

Minggu I Sesudah Epifania
SABTU, 13 JANUARI 2018

Renungan Pagi

TAKUT DAN BERIBADAH

Yosua 24:1-15
“… Takutlah akan TUHAN dan beribadahlah kepada-Nya dengan tulus ikhlas dan setia” (ay.14)

Hubungan antara kita dengan Tuhan diikat oleh perjanjian. Di kalangan umat Israel, tandanya adalah Taurat. Perjanjian itu tidak merupakan persetujuan antara kedua pihak yang sama kedudukannya. Tetapi pemrakarsanya adalah Tuhan yang memilih umat berdasarkan anugerah-Nya. Di dalam pelaksanaannya umat sendiri sering menyimpang.

Dalam hubungan inilah Yosua mengadakan pembaruan pengakuan terhadap perjanjian yang telah terikat antara Allah dan umat Israel. Untuk itu Yosua menuturkan kembali tuntunan Tuhan di masa sebelumnya. Setelah itu ia meminta agar mereka mengambil keputusan. Apakah terus mengikuti Allah ataukah meninggalkan-Nya. Sementara itu Yosua sebagai pemimpin menentukan sikapnya dan keluarganya untuk tetap berpegang teguh kepada Allah.

Di dalam Perjanjian Baru, perjanjian antara Tuhan dengan Gereja (persekutuan orang percaya) diwujudkan di dalam Diri Yesus Kristus. Di atas dasar itu kita menyambut panggilan dan pengutusan-Nya untuk memberitakan Firman. Di dalam perjalanan, banyak hal yang kita temui, termasuk tawaran-tawaran kenikmatan yang membuat kita menyimpang dari perjanjian dengan Tuhan. Karena itu kita selalu harus membarui pengakuan dan janji kita. Pembaruan itu kita lakukan dengan belajar dari Firman-Nya. Kita lakukan hal itu tidak secara pribadi saja tetapi juga bersama keluarga kita.

Selain itu kita juga harus mengikuti berbagai kegiatan gereja secara aktif yang membuat kasih kita semakin erat dengan Kristus sebagai Tuahn dan Juruselamat dunia. Dengan demikian kita memiliki kekuatan dalam melakukan tugas apapun di tengah masyarakat. Kita tidak akan mudah goncang karena kita berpegang teguh kepada janji dan kasih-setia Allah yang ditandai dengan karya Yesus Kristus, Tuhan yang menjadi Juruselamat dunia.


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya