Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Sabtu 17 Oktober 2020 – Renungan Malam

MINGGU XIX SES.PENTAKOSTA

KJ.351 : 1,2 – Berdoa

Hosea 14: 10

Penutup Kitab Hosea

Menarik bahwa ada seorang bijak yang membaca kitab nabi Hosea di zaman dahulu menambahkan kata-katanya di sini dengan suatu himbauan bagi para pembacanya kelak. la menambahkan kata-kata, “Siapa yang bijaksana, biarlah ia memahami semuanya ini; siapa yang paham, biarlah ia mengetahuinya; sebab jalan Tuhan adalah lurus, dan orang benar menempuhnya, tetapi pemberontak tergelincir di situ” (ay. 10).

Selaku seorang anggota dari mazhab kebijaksanaan, orang yang menambahkan ayat 10 tersebut, memberi catatan agar semua pembaca kitab Hosea kelak mengerti hal-hal ini. Biasanya orang yang bijak (pandai, berpendidikan, juga berpengalaman) menganjurkan orang lain untuk membaca hal-hal yang baik dan bermakna. Jadi, isi kitab nabi Hosea ini sangat baik juga bermakna, karena itu dianjurkan agar siapa yang bijaksana memahaminya, dan siapa yang paham mengetahuinya.

Mengapa orang bijak dianjurkan agar memahami kitab ini dan orang paham disarankan untuk mengetahuinya? “Sebab jalan-jalan Tuhan adalah lurus dan orang benar menempuhnya, tetapi pemberontak tergelincir di situ” (ay. 10c). Catatan ini dapat dimaknai lebih dari satu (multi makna). Pertama, catatan ini dapat dimaknai sebagai anjuran agar orang benar jangan takut menempuh jalan Tuhan (jalan kebenaran). Di sana dia akan aman dalam lindungan Tuhan, sebab di jalan itu pemberontak tergelincir (celaka dan hancur). Ingat, bahwa banyak orang walaupun dia Kristen, tetapi takut hidup di jalan kebenaran Tuhan. ltu karena ia takut akan dibenci dan dimusuhi oleh banyak orang, bukan? Kedua, catatan ini menyatakan bahwa kitab nabi Hosea sangat penting dan bermanfaat dalam rangka pembangunan umat Tuhan, sehingga ia perlu dibaca, dipahami, dan direnungkan. Demi pembinaan warga jemaat, pesan ini perlu ditindak-lanjuti.

KJ.351 : 3
Doa : (Tuhan Yesus, mohon bukalah mata iman kami agar menemukan butir-butir mutiara yang bermanfaat dan menerangi lewat pembacaan Alkitab)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya