Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

SABTU, 2 FEBRUARI 2019 – Renungan Malam

 

MINGGU III SESUDAH EPIFANIA

KJ.37a :1 -Berdoa

BUKAN KARENA TINDAKANMU!

Roma 3:27-31
Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman, dan bukan karena ia melakukan hukum Taurat. (ay.28)

Tindakan seseorang dapat menentukan siapa orang itu. Tindakan yang jahat dan merugikan orang lain mengakibatkan seseorang disebut penjahat. Sebaliknya, tindakan yang baik dan menguntungkan orang lain mengakibatkan seseorang disebut orang yang baik. Namun, tindakan tidak selalu menentukan kebaikan, bahkan kebenaran. Seseorang bisa saja berbuat baik agar ia mendapatkan kesan bahwa ia orang yang baik. Hal ini dengan mudah kita temukan dalam kehidupan kita seharl-hari. Jika bukan tindakan, lalu apa yang dapat membenarkan seseorang?

Bacaan malam ini berbicara tentang pembenaran oleh iman. Paulus menjelaskan bahwa seseorang tidak dibenarkan karena ia melakukan hukum Taurat. Hal itu berangkat dari pemahaman umat Yahudi bahwa Taurat adalah hal yang wajib dilakukan. Hal wajib lainnya yang harus dilakukan oleh umat Yahudi ialah sunat. Sunat merupakan suatu tanda perjanjian antara Allah dan manusia bagi umat Yahudi. Sunat dan Taurat adalah identitas umat Yahudi. Bagi mereka, orang yang bersunat dan melakukan Tauratlah yang akan diselamatkan oleh Tuhan. Paulus menentang pemahaman itu. Baginya, manusia tidak hanya diselamatkan oleh sesuatu tanda yang kelihatan. Namun, manusia juga diselamatkan oleh tanda yang tidak kelihatan yaitu iman.

Bagi Paulus, Tuhan yang disembah oleh orang Yahudi bukanlah Tuhan yang hanya mengurusi orang Yahudi. Ia adalah Tuhan semesta alam. Jika la adalah Tuhan semesta alam, maka ukuran keselamatan tidak hanya berganlung dari ukuran orang Yahudi. Dalam hal ini, iman menjadi ukuran bagi keselamatan dari Tuhan. Paulus menentang sikap yang menyombongkan diri dengan tanda-tanda lahiriah itu. Bagi Paulus, iman tidak hanya soal keyakinan balaka yang memberikan seseorang identitas. lman adalah dasar hidup seseorang. Ia adalah dasar dari keselamaian bagi manusia. Karenanya, iman itu yang akan mengarahkan seseorang untuk bertindak dan berbuat sesuai dengan kehendak Tuhan.

KJ.37a : 3
Doa : (Tuhan, ajarlah aku untuk tidak memegahkan diri atas perbuatanku. Karena itu ajarlah aku untuk leblh merendahkan hati agar hldupku berkenan bagi-Mu, Bapa)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya