Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Sabtu, 30 Desember 2017 – Renungan Pagi

 

MINGGU ADVEN IV
SABTU, 30 DESEMBER 2017

Renungan Pagi

PERJUMPAAN YANG MENGINSPIRASI

Ulangan 5:28-31
“Kiranya hati mereka selalu begitu, yakni takut akan Aku dan berpegang pada segala perintah-Ku…” (ay.29)

Mendiang Gonxha Bojaxhiu asal Albania (kita lebih mengenalnya dengan Santa Teresa dari Kalkuta) dalam perutusan karya baktinya di negeri Mahatma Gandhi –India pernah berjumpa dengan kegelapan rohani dalam memaknai spiritualitas panggilannya menjadi ‘Cahaya Kristus’ dan ‘Oase bagi yang Dahaga’. Puluhan tahun hidup doanya dirasa kosong dan kering. Dia merasakan berada dalam ruang gelap dan tidak memperoleh penghiburan rohani dari setiap doa yang diwujudkannya dalam karya pelayanan. Tetapi, justru dalam pergulatan memaknai kegelapan yangdigumulkannya itu ia menjadikannya “perjumpaan” untuk semakin mengerti maksud Tuhan. Santa Teresa pun berdoa, “Tuhan berilah saya kegelapan yang lebih gelap, kesepian yang lebih sepi”. Tuhan memurnikannya melalui ragam pengalaman berjumpa dengan yang kesepian, kegelapan dan kekeringan untuk menemui makna yang utuh dalam memaknai kehadiran Tuhan.

Pengalaman umat Israel dalam perjumpaan dengan dimensi kerapuhan dan ketidaksempurnaan mereka kala berada di ruang ketakutan tatap muka dengan kehadiran kedahsyatan Tuhan, memberi narasi perenungan tentang memaknai secara baru arti berpegang pada perintah Tuhan untuk kemudian menerjemahkannya dalam segala aspek kehidupan mereka sebagai umat angkatan demi angkatan. Melalui perjumpaan dengan kuasa Sabda Tuhan dan yang nyata dalam Titah-Titah-Nya, Israel sebagai umat belajar masuk dalam ruang ‘tiga percakapan’ – yang dilakukan secara personal, komunal dan utamanya dalam kesatuan dengan cinta Tuhan. Inspirasi ditimba dari perjumpaan rangkap tiga yaitu: “diri sendiri”, “sesama” dan “Tuhan”.

Tuhan memurnikan Israel melalui ragam pengalaman perjumpaan mereka dengan dimensi kerapuhan sebagai insan. Kedahsyatan kehadiran Tuhan menjadi proses didikan inspiratif membentuk umat Israel yang kemudian membangun paguyuban dalam berbagai situasi dan kondisi dengan rendah hati. Semoga kita pun demikian dalam setiap perjumpaan hari ini dalam ragam peristiwa menemukan selalu kehadiran Cinta-Nya.


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya