Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Sabtu 6 Februari 2021 –Renungan Pagi

MINGGU IV SES. EPIFANI

♪KJ. 10: 1 – Berdoa

Amsal 20: 19 – 24

Mulut Yang Memuliakan Allah

Ada ungkapan yang mengatakan “mulutmu, harimaumu”, artinya setiap kata punya kekuatan yang sangat besar efeknya bagi diri sendiri maupun orang lain. Efeknya bisa jadi buruk atau baik atau dengan mulut kita dapat memperoleh kebaikan, tetapi dengan mulut kita juga bisa mendapatkan kehancuran. Ada seorang teman yang putus sekolah dibangku Sekolah Dasar karena kenakalannya dan karena kurangnya perhatian orang tuanya. Ketika dewasa dia sering di hina, di bully dan dilecehkan karena tidak sekolah dan disebut “patah pensil” (istilah untuk mereka yang tidak sekolah). Karena kesal dengan hinaan ini, dia berontak dan berkata dengan keras “teman-temanku, kalian tau bahwa bang Rhoma lrama dengan mulutnya dia bisa mendapatkan uang banyak, tetapi ingat kalian dengan mulut busuk kalian bisa babak belur !!!”. Pernyataan ini mengingatkan bahwa orang yang tidak sekolah saja tahu bahaya dari sebuah kata-kata yang terlontar dari mulut.

Penulis Amsal hendak mengungkapkan kepada kita tentang bahaya dari menggunakan mulut dengan keliru atau semaunya. Allah menganuerahkan kita mulut selain untuk makan, juga untuk berkomunikasi dan memuji Allah, bukan untuk menghasut, mencemooh, memfitnah, menipu dan memperoleh keuntungan dengan cepat dan lain sebagainya dengan cara-cara yang keliru dan salah.

Peperangan atau pertikaian bisa dimulai hanya dengan sebuah bisikan atau kata-kata, karena itu sadarilah bahaya ketika kita keliru mengunakan kata-kata dari mulut kita. Taruhlah Firman Allah dalam hati kita sehingga bibir mulut kita dapat senantiasa memuliakan Allah dan bukan malah menghujat-Nya.

♪KJ.10: 2
Doa: (Ya Allah, jadikanlah bibir mulut kami sebagai sumber berkat bagi kami dan orang-orang disekeliling kami)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya