Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Sabtu, 6 Januari 2018 – Renungan Malam

SABTU, 6 JANUARI 2018

Renungan Malam

PEREMPUAN ADALAH ANUGERAH ALLAH BAGI LAKI-LAKI

Kejadian 2:21-25
“Lalu berkatalah manusia itu: “Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab Ia diambil dari laki-laki.” (ay.23)

Perkawinan adalah lembaga pertama yang Allah tetapkan. Kejadian menceritakan tentang Allah menciptakan penolong yang sepadan untuk Adam. Allah mengambil rusuk Adam dan dibentuk-Nya perempuan. Perempuan tidak dibentuk dari tulang kepala agar tidak memerintah Adam. Ia juga tidak dibentuk dari tulang kaki agar tidak diinjak-injak laki-laki. Artinya perempuan itu harus dikasihi. Ayat 23 menegaskan bahwa perempuan diciptakan dan berasal dari laki-laki. Artinya ada hubungan yang sangat dekat dengan laki-laki dan membentuk kesatuan yang tak terpisahkan. Hal ini tidak menekankan relasi atasan dan bawahan, karena perempuan bukan makhluk yang lebih rendah.

Allah membuat rencana atas hidup perempuan yang adalah anugerah untuk manusia. Atas ciptaan-Nya itu Allah menyatukan dalam ikatan rumah tangga sebagai suami istri. Menjadi kodrat ilahi bahwa laki-laki dan perempuan akan meninggalkan ayah dan ibunya untuk hidup bersama sebagai “satu daging”. Dua pribadi dalam satu kesatuan.

Hubungan suami istri itu menggambarkan hubungan Kristus dengan jemaat-Nya. Itulah sebabnya suami dituntut mencintai dan mengasihi istrinya. Sebaliknya istri dituntut menghormati suaminya. Sehingga gambaran kasih Kristus terhadap umat-Nya menjadi nyata. Sudahkah kita melakukan hal itu dan memahami anugerah Allah atas hidup rumah tangga kita dengan adanya “penolong yang sepadan”? Sudahkah kita mendidik anak-anak kita yang beranjak dewasa untuk senantiasa melibatkan dan mengandalkan Tuhan dalam hidupnya dan tidak akan meninggalkan Tuhan Yesus karena soal pendamping hidup? (tolong baca 2 Korintus 6:14).


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya