Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Selasa 1 September 2020 – Renungan Pagi

MINGGU XIII SES. PENTAKOSTA

GB. 40 : 1 – Berdoa

Kidung Agung 1 : 1 – 4

Cinta Itu Seirama

Menurut Ensiklopedi Alkitab Masa Kini (2001 ) kata Anggur dalam Perjanjian Lama diterjemahkan dari beberapa kata Ibrani. 1. Yayin = anggur; 2. Sekhar = minuman keras; dan 3. Tirosy = anggur baru atau manis. Artinya, anggur selalu memiliki dua sisi kegunaannya dan bahayanya. Anggur menyukakan hati manusia, tetapi juga menyebabkan pemikiran yang keliru. Anggur dapat dihubungkan dengan kegirangan hati atau juga kemarahan. Anggur dapat membuat malu seperti pengalaman Nuh (Kej.9:20) atau dipakai untuk menghormati orang Iain.

Kidung Agung 1 : 2 menggunakan kata ‘cinta’, terjemahan dari Bahasa Ibrani ‘dod’ yang berarti : kekasih, cinta, mendidih. Kata cinta pada dasarnya mengandung pemahaman yang menghangatkan kehidupan; membuat hidup menjadi bersemangat. Bagi banyak orang, anggur sangatlah nikmat dan menghangatkan serta mendatangkan sukacita. Pertemuan antara dua kekasih yang saling mencintai atau perayaan-perayaan kekerabatan terkadang diwarnai dengan minum anggur. Namun, penyair Kidung Agung mau mengatakan bahwa kenikmatan dari cinta sejati antara dua sejoli melebihi anggur. Cinta sejati “dod’ menghangatkan relasi antara laki-laki dan perempuan. Cinta yang menghangatkan adalah cinta yang seirama.

Menjalani aktivitas di hari ini, mari menjadi pribadi yang menghadirkan kehangatan dan sukacita untuk dialami oleh semua orang. Dimulai dari rumah tangga sampai ke ruang-ruang usaha, kerja, sekolah dan pergaulan kita. Lakukan segala sesuatu tidak hanya dengan otot, tetapi terlebih dengan cinta. Perkataan dan perbuatan harus seirama (1:1). Yang seirama (1:2) akan selalu disenandungkan dan dirindukan keharumannya (1:3). Anggur bisa menghadirkan suasana yang tidak seirama tetapi cinta sepasang kekasih adalah cinta seirama. Selamat mewarnai dan menghangatkan hidup dan kerja kita dengan cinta sejati, karena cinta bersumber dari Tuhan. Tuhan adalah cinta.

GB. 40 : 3
Doa : (Tuhan Yesus yang penuh cinta, penuhi kami dengan cintaMu dan murnikan serta hangatkan hubungan kami dengan cinta sejati)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya