Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Selasa 13 Oktober 2020 – Renungan Malam

MINGGU XIX SES. PENTAKOSTA

KJ. 33 : 3 – Berdoa

Hosea 8 : 13 – 14

Beribadah Tanpa Ketaatan

Salah satu pernyatan Tuhan mengenai keadaan umat-Nya pada zaman nabi Hosea ialah, “Israel telah melupakan Pembuatnya” (ay. 14a). Pernyataan Tuhan ini menunjukkan bahwa keadaan umat Israel pada zaman itu sudah begitu parah secara moral. Tuhan menyebut diri-Nya “Pembuat” Israel. Dengan demikian Tuhan menegaskan kepada bangsa Israel, bahwa mereka ada karena Dia. Tanpa Dia, meraka tidak ada. Walaupun demikian, bangsa itu melupakan Dia. Dengan begitu Tuhan akan mengingat kesalahan mereka.

Umat Israel rajin melakukan ritus-ritus keagamaan dengan memberikan persembahan-persembahan kurban, tetapi Tuhan tidak berkenan dengan apa yang mereka perbuat itu. Israel mendirikan istana-istana, maksudnya villa-villa mewah milik para pejabat kaya Yehuda memperbanyak kota-kota berkubu maksudnya ialah sebagai tanda bahwa mereka merasa aman sehingga tidak butuh Tuhan, Sang Pemelihara. Israel berdosa. Tuhan akan menghukumnya dengan mengembalikannya ke Mesir. Sebab dulu Tuhan mengambil mereka dari Mesir (negeri perhambaan), sebelum dibawa menuju Kanaan (tanah terjanji).

Tuhan tidak akan berkenan akan apa yang mereka lakukan Tuhan menyatakan, “Sebab Aku menyukai kasih setia dan bukan kurban sembelihan, dan menyukai pengenalan akan Allah, lebih daripada kurban-kurban bakaran (Hos 6:6, lihat juga Amos 5:21-24; Mat 7:21). Bangsa Israel sudah terpengaruh dengan penyembahan dewa Kanaan. Prinsipnya adalah “asal saja seluruh ritus (upacara) agama dilakukan, itu sudah cukup menjamin datangnya berkat ilahi, tanpa mempersoalkan moral mereka”. Melakukan ritus-ritus keagamaan adalah penting, karena itu diperintahkan oleh Tuhan. Namun demikian, yang lebih penting dari itu ialah melakukan yang benar dan adil. Tuhan menghendaki agar umat-Nya setia melakukan kewajiban keagamaannya dengan hidup benar dan adil.

♪ GB.22

Doa : (Tuhan Yesus, mohon berilah aku hati yang benar dan adil dalam beribadah kepada-Mu)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya