Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Selasa, 14 November 2017 – Renungan Malam

MINGGU XXIII SES. PENTAKOSTA
SELASA, 14 NOVEMBER 2017
Renungan Malam
GB.79 : 1-Berdoa
PENGAKUAN ATAS KASIH TUHAN

Ezra 3:10-13
Sobab la balkl Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya kepada Israel (ay.11 b)

Akhirnya apa yang menjadi tujuan kembali umat Israel ke tanah airnya menjadi kenyataan. Umat Israel meletakkan dasar pembangunan Bait Suci TUHAN. Berbagai perasaan dan suasana batin bercampur aduk saat pembangunan itu dimulai. Ada yang memuji-muji Tuhan dengan berbagai instrument musik, dengan suara berbalas-balasan menyanyikan nyanyian syukur kepada Tuhan.

Tetapi di sebelah Iain, ada orang tua-tua yang menangis karena mereka mengetahui bahwa Bait Suci TUHAN yang baru/yang sementara dibangun itu tidak semegah yang pernah dibangun raja Salomo. Apapun situasi batin dari umat Israel saat itu, tetapi suatu pengakuan yang terungkap dari mulut mereka “bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya,” menunjukkan iman mereka yang konsisten”. Pengakuan mereka ini hendak menegaskan bahwa jika mereka dapat melakukan pembangunan kembali Bait Suci TUHAN, itu bukan karena kekuatan mereka, tetapi karena kasih setia Tuhan sajalah yang memungkinkan mereka dapat melaksanakan pekerjaan itu. Situasi nas Alkitab ini mengajarkan kita bahwa apapun yang kita lakukan di tengah-tengah persekutuan jemaat, itu semua ada dalam pandangan Tuhan.

Tuhan yang memberi kita kekuatan untuk melakukannya. Jadi catatannya adalah jangan sekali-kali kita berbangga diri dengan apa yang telah kita lakukan ditengah-tengah persekutuan jemaat. Yang kita lakukan atau yang kita beri itu semua Tuhan yang berikan kepada kita. Semua apa yang kita beri, semuanya berasal dari Tuhan juga. Yang harus kita ingat bahwa apa yang kita lakukan merupakan bagian dari cara kita mensyukuri nikmat dan anugerah Tuhan.

GB. 79 : 3
Doa : (Tuhan, terima kasih atas kemungkinan yang Engkau beri padaku untuk blsa berpartisipasi dalam pelayanan dan kesaksian di tengah-tengah jemaat-Mu)


Source: Sabda Bina Umat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya