Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Selasa 15 Desember 2020 –Renungan Malam

MINGGU ADVEN III

KJ. 369a : 1,2 – Berdoa

Filemon 1 : 21 -22

Sukacita Dan Ketaatan

Paulus mengajukan satu permohonan mulia kepada Filemon terkait Onesimus, budak yang melarikan diri. la memohon, Onesimus diterima kembali bukan sebagai budak, tetapi sebagai saudara yang kekasih, bahkan teman sekerja. Untuk itu Paulus bersedia menanggung segala (jika ada) hutang Onesimus kepada Filemon. Kesemuanya diungkapkan oleh Paulus, karena keyakinannya akan diri dan hidup Filemon. Filemon telah dibarui dengan sukacita sejati, yaitu kehadiran Kristus dalam hidupnya. Dengan sukacita yang dialaminya, Filemon menjalani pola hidup baru. Di dalam dirinya tumbuh kasih. Kasih yang dinyatakannya dengan tulus, dalam iman yang teguh serta kesungguhan ketaatan sebagai pribadi yang bersyukur atas sukacita besar itu. Hal itulah yang diungkap oleh Paulus dalam suratnya kepada Filemon. Sukacita yang dialami oleh Filemon, yaitu kehadiran Tuhan Yesus yang adalah Juruselamat telah mengubahkan seorang Filemon. Filemon dengan sukacitanya semakin taat dalam hidup beriman, beribadah dan bersaksi (ayat 21). Tidak tampak keraguan bagi Paulus untuk menyampaikan permohonan lainnya kepada Filemom Paulus percaya, bahwa hidup Filemon sungguh-sungguh telah berubah di dalam Kristus (ayat 22).

Dalam dua hari ini kita belajar dari relasi yang terjadi antara Paulus, seorang rasul Kristus dengan Filemon, pribadi yang mengikut Kristus dan diubahkan, serta Onesimus yang memiliki masa lalu kelam yang juga mengalami pembaruan hidup. Jelas dengan relasi yang dipulihkan ini, ada sukacita yang diterima dan dialami, yaitu kehadiran Kristus dalam hidup mereka.
Mari syukuri dalam doa, kehadiran Kristus dalam hidup kita yang memulihkan kehidupan pribadi. Kiranya dengan pertolongan Roh-Nya yang kudus, kita semua tetap berada dalam sukacita sejati dan dimampukan untuk membagikannya kepada sesama.

KJ. 369a : 3
Doa : (Ya Tuhan Yesus, terimakasih atas sukacita besar yang kami alami dalam kesetiaan hanya kepada-Mu)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya