Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Selasa 2 Februari 2021 –Renungan Pagi

MINGGU IV SES. EPIFANI

♪GB.226: 1 – Berdoa

Markus 12: 28 – 40

WASPADAILAH KEMUNAFIKAN

Ada ungkapan bijak dalam Bahasa Jawa yang mengatakan “Ajining dhiri ana ing lathi, Ajining raga ana ing busana” (Harga diri terietak pada lisan (lidah), harga badan terletak pada busana yang dikenakan). Ungkapan ini sejalan dengan pemikiran orang Jawa yang mengedepankan nilaii-nilai kesopanan (Etika), dimana penghargaan terhadap seseorang itu lahir dari cara mereka berprilaku, tutur kata dan berbusana. Setiap orang harus berhati-hati dalam berkata-kata karena perkataan itu memperhadapkan mereka pada tanggung-jawab yang dihubungkan dengan prilaku atau perbuatan. Sungguh indah kalau orang memaharni dan melakukan pernyataan tersebut. Namun diakui tidaklah mudah dilakukan. Semua ucapan yang indah bisa dikatakan oleh manusia, tetapi belum tentu dilakukannya. Dalam bacaan kita Yesus dengan keras menasihati agar mewaspadai Taurat yang kata-katanya terdengar meyakinkan dan busananya terlihat seperti orang suci namun sikap dan prilakunya membuat banyak orang dirugikan (munafik). Sikap dan perilaku mereka yang munafik memperhadapkan mereka pada hukuman yang lebih berat daripada mereka yang tidak pernah berdoa.

Sadar atau tidak sehari-hari kita melihat dan mendengar kemunafikan disekeliling kehidupan kita. Saat ini kita juga diperingatkan oleh Yesus bahwa la sangat membenci kemunafikan. Sebagai pengikut Kristus jangan berprilaku seperti orang yang munafik. Jangan menjadi pengikut Kristus lewat perkataan saja, tetapi sikap hidup kita seperti orang yang tidak mengenal Tuhan. Ingatiah Tuhan kelak akan menuntut pertanggung-jawaban kita.

♪GB. 226 : 3
Doa : (Ya Tuhan mampukanlah kami menjadi pengikut-Mu bukan hanya lewat kata, tapi juga lewat perbuatan, pemikiran dan kesungguhan hati kami)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya