Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Selasa 22 Desember 2020 –Renungan Pagi

MINGGU ADVEN IV
Hari Ibu

GB.294 : 1 – Berdoa

1 Tawarikh 22 : 2 – 10

Mempersiapkan Masa Depan (1)

Segala sesuatu bila dipersiapkan dengan baik bisa berhasil. Sebaliknya, sesuatu yang tanpa persiapan akan gagal. Artinya, persiapan dan perencanaan yang matang adalah hal yang sangat penting. Inilah hal yang dilakukan oleh Daud untuk keluarganya.

Merespon janji TUHAN atas kehidupannya dan keluarganya, Daud tidak tinggal diam. la mempersiapkan segala sesuatu untuk masa depan keluarga dan Israel, bangsanya. Meskipun kerinduan Daud untuk membangun Bait Suci tidak dikabulkan oleh TUHAN, dia tetap memiliki antusiasme atas keinginan tersebut. Sebelum ajal datang menjemputnya, Daud mempersiapkan Salomo, anak-nya yang dikehendaki TUHAN untuk mewujudkan kerinduannya membangun Bait Suci. Pertama, Daud melakukan pengadaan bahan-bahan bangunan dan melibatkan orang-orang asing di negeri Israel untuk mempersiapkan material tersebut. Mereka dipekerjakan sebagai tukang-tukang pahat. Daud pun meminta pertolongan negeri Sidon dan Tirus untuk penyediaan kayu aras bagi pembangunan Bait Suci. Suasana internasional sangat kental dalam proses persiapan tersebut. Daud mengupayakan persediaan bahan-bahan tersebut sampai dia wafat. Kedua, sebagai raja, Daud memerintahkan Salomo untuk membangun Bait Suci. Daud menyampaikan kepada Salomo, alasan utama TUHAN tidak berkenan dia membangun Bait Suci. Alasannya, karena Daud telah menumpahkan banyak darah dalam peperangan. Setelah memberi perintah, Daud memberikan berkat kepada Salomo, agar dapat membangun Bait Suci sampai selesai. Ikatan kekeluargaan antara ayah dan anak ini merupakan cerminan dari hubungan antara TUHAN dengan umat-Nya.

Perilaku hidup Daud menjadi contoh yang baik bagi kita, para orang tua. Mari kita mempersiapkan anak-anak untuk mengarungi kehidupan masa depan mereka dengan rencana-rencana yang baik. Hal tersebut akan memotivasi anak-anak untuk mengerjakan hat-hal yang baik dalam kehidupan mereka. Kesediaan kita dalam menceritakan kerinduan kepada anak-anak merupakan sarana motivasi bagi mereka untuk hidup sesuai dengan kehendak Tuhan.

GB.294 : 2,3
Doa : (Ya Tuhan, tolong ajarlah kami untuk melibatkan Engkau dalam setiap rancangan kehidupan dan masa depan)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya