Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Selasa 6 Oktober 2020 – Renungan Malam

MINGGU XVIII SES. PENTAKOSTA

KJ.356 : 1 – Berdoa

Kisah Para Rasul 19 : 33 – 40

Selesaikan Dengan Jalur Yang Semestinya

Pemaksaan kehendak dengan cara dan aturan sendiri tidak dibenarkan. Jika ada keinginan atau mau menolak hal yang tidak sesuai dengan kehendak, maka sampaikanlah menurut aturan dan jalur yang telah ditetapkan. Kekacauan dan keributan terjadi ketika penyampaian kehendak tidak sesuai aturan yang ditetapkan. Lalu masing-masing pihak bertindak dengan caranya sendiri. Akibatnya, terjadi benturan yang mengakibatkan kekacauan besar.

Renungan malam ini masih berkaitan dengan “unjuk rasa” yang dilakukan oleh hasutan Demetrius kepada tukang-tukangnya. Demetrius menganggap Paulus dan teman-temannya melakukan penghinaan terhadap kuil Artemis. Kekacauan makin bertambah ketika Alexander hendak menenangkan mereka. la ditolak, karena dia adalah orang Yahudi. Panitera kota menenangkan kekacauan yang terjadi dengan mengimbau, agar mereka memakai jalur resmi dalam menyatakan keinginan atau ketidakpuasan. Ada sidang rakyat yang sah untuk menyelesaikan tuduhan Demetrius dan tukang-tukangnya (ay.38-40) terhadap Paulus dan rekan-rekannya.

Setiap kebijakan yang diputuskan, pasti ada pihak-pihak yang merasa tidak puas. Menolak dan menentang kebijakan menjadi alasan untuk melakukan “protes”. Ada yang menyampaikan dengan surat keberatan, berdemonstrasi atau unjuk rasa, bahkan dengan menjelek-jelekkan dan menghina orang-orang yang terlibat dalam pengambilan kebijakan tersebut.

Mari renungkan, bahwa ada cara lebih baik yaitu sesuai dengan jalur yang ditetapkan. Ada sistem dan aturan dalam menyampaikan pandangan serta kehendak kita. Jangan memakai cara yang merugikan dan mempermalukan diri sendiri. Tuhan mengajarkan agar kita hidup teratur. Tindakan keteraturan yang dilakukan Tuhan tampak dalam menciptakan bumi dan segala isinya. Ada keteraturan baik urutan yang akan Tuhan ciptakan maupun waktu penciptaannya. Segala sesuatu tidak diciptakan secara sekaligus (bukan dalam waktu bersamaan). Mari bertindak sesuai peraturan.

KJ. 356 : 2
Doa : (Ya Kristus Yesus, tolonglah agar segala sesuatu kami nyatakan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya