Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Selasa 8 Desember 2020 –Renungan Malam

MINGGU ADVEN II

KJ. 79 : 1, 2 – Berdoa

Matius 12 : 38 – 42

Bertobat Karena Yesus

Pengakuan atas karya pelayanan Tuhan Yesus mendapat tantangan keras dari pemuka agama Yahudi. Mujizat dan pengajaran Tuhan Yesus yang sudah dialami banyak orang belum cukup bagi ahli-ahli Taurat dan orang Farisi mengakui dan menerima Tuhan Yesus sebagai Mesias (baca Mat.2:4-6). Mereka membutuhkan tanda atau perbuatan ajaib (Yun.: semeion) yang dapat langsung didemonstrasikan Tuhan Yesus.

Tuhan Yesus tidak memenuhi permintaan mereka. la tahu isi hati dan pikiran mereka. la menyebut mereka sebagai orang-orang yang jahat dan tidak setia. Hanya tanda nabi Yunus yang tinggal di perut ikan selama tiga hari tiga malam, yang akan diperlihatkan Tuhan Yesus saat kematian-Nya tiba. Tuhan Yesus jelas melampaui Yunus dalam pemberitaan firman dan Salomo dalam hal hikmat. Kuasa Tuhan Yesus sangat jelas ketika kematian dikalahkan dan kehidupan kekal dianugerahkan. Inilah tanda sejati yang Tuhan Yesus lakukan agar manusia menanggapinya dengan sungguh-sungguh dan hidup dalam pertobatan. Artinya, percaya pada kasih Tuhan Yesus yang menebus dosa dan menyelamatkan manusia dari penghukuman Allah.

Kebanyakan orang berusaha memahami siapa Yesus menurut pikiran dan harapan mereka. Sukar bagi elit agama Yahudi percaya, bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat. Tanda ajaib atau mujizat bukan jaminan seseorang bertobat. Kedegilan kadang masih bercokol. Pertobatan seseorang tidak harus terjadi karena pengalaman spektakuler, seperti sembuh dari kanker atau selamat ketika terjadi tabrakan maut. Pertobatan semacam itu bukan cara yang dikehendaki Tuhan Yesus. la mau kita bertobat, karena percaya pada karya salib dan sepenuhnya yakin janji hidup kekal. Bertobatlah, karena kasih Tuhan Yesus. Lakukan saja, maka hidup kita dipenuhi karya-Nya yang besar. Mau mukjizat? Bertobat dulu!

 KJ. 79 : 3
Doa : (Tuhan Yesus, mohon ampuni kami, jika terlalu banyak menuntut mukjizat. Kami percaya kasih-Mu selalu membuat hidup aman dan tenteram)


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya