Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat – Bukit Benuas

ALAMAT
Jalan Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 - RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115
No.Rek BNI a.n GPIB Bukit Benuas : 014 125 9941

Ibadah minggu I : 06:00 , Ibadah minggu II : 09:00 , Ibadah minggu III : 18:00Phone: +62 8510 0028 896/(0542) 8870020 Faks: (0542) 88700 Ext.100 Email: sekretariat_benuas@yahoo.com

Selasa 9 Februari 2021 – Renungan Malam

MINGGU V SES. EPIFANI

♪KJ. 454 : 1, 2 – Berdoa

Lukas 11 : 1 – 4

Pentingnya Berdoa

Melipat tangan, memejamkan mata, berlutut, memfokuskan diri kepada yang Illahi adalah sikap doa yang lahir dari kedalaman hati dan penuh kesadaran akan betapa pentingnya berjumpa dengan Sang Pemberi Hidup. Berbagai tulisan dihadirkan sebagai petunjuk praktis untuk mengetahui bagaimana seharusnya berdoa. Murid-murid Yesus pun meminta agar supaya Yesus mengajarkan mereka berdoa. Mengapa doa menjadi penting bagi para murid Yesus? Adakah yang salah dengan permohonan mereka? Apakah doa juga menjadi penting bagi kita? Apakah seperti permohonan murid Yesus, demikian kita juga bermohon, “Tuhan, ajarlah kami berdoa”?

Orang-orang Yahudi di zaman Yesus terbiasa menggunakan rumusan-rumusan doa. Ada rumusan doa resmi, doa wajib, dan ada juga doa bebas. Doa resmi dijawab dengan suatu pujian, doa wajib diucapkan tiga kali sehari, dan doa bebas diucapkan dengan kata-kata sendiri sebagai doa-doa pribadi. Memperhatikan keteladanan doa yang dilakukan oleh Yesus yang menunjukkan keintimannya dengan Bapa di Sorga, bahkan kebiasaan murid-murid Yohanes dalam menjalankan kehidupan doa mereka, maka murid-murid-Nya pun nampaknya begitu tertarik. Yesus menanggapi permohonan mereka dengan pola doa yang dikenal dengan doa Bapa Kami. Teksnya lebih singkat dari apa yang dituliskan dalam Matius 16 : 9-13, Doa ini menjadi petunjuk bagi para murid, agar dengan bebas mereka dapat berhubungan dengan Bapa di Sorga, dan sungguh-sungguh menghayati apa yang didoakan. Ketika mereka menyebut Tuhan sebagai Bapa,maka rasa hormat ditunjukkan kepada-Nya dengan kesadaran, bahwa Dia itu kudus, Maha menyediakan, Maha mengampuni, dan Maha meyelamatkan.

Mari terus mengalami keintiman dengan Tuhan melalui doa dengan pola Yesus Kristus dan rasakan kuasa-Nya.

♪KJ.460 : 1,2
Doa : (Tuhan, tolong ajarkan kami berdoa menurut pola-Mu, dan biarlah kehendak-Mu yang jadi atas kami)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AGENDA KEGIATAN

HUBUNGI KAMI

KANTOR MAJELIS JEMAAT
Jalan Kol. Syarifudin Yoes
Gang Duatan Baru Sakai No. 83 – RT 45
Kec. Balikpapan Selatan, Kel. Sepinggan Baru
Kode Pos 76115

Jam Kerja:
Selasa-Sabtu pukul 08:00-17:00 wita.
Senin dan HARI LIBUR NASIONAL – kantor tutup

Telepone:
085100028896 (HP Kantor Majelis Jemaat)
(0542) 8870020 (Telepone Kantor Majelis Jemaat)

JADWAL IBADAH RUTIN

KALENDER GEREJA

MINGGU SESUDAH PENTAKOSTA

Minggu Pentakosta ini dirayakan selama 26 minggu. Masa ini disebut masa Gereja berjuang.Ada yang menyatakan bahwa sesudah Minggu Trinitas sudah tidak ada lagi hari raya. Sebenarnya, masih ada yaitu hari Minggu. Di mana melalui setiap hari Minggu, Gereja diingatkan tentang penyertaan TUHAN di dalam perjuangan hidup Gereja. ALLAH selalu beserta dengan GerejaNYA (ALLAH beserta kita) itulah perayaan yang besar dan penuh puji-pujian dan syukur.

Baca selengkapnya